Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA YLPI Pekanbaru

Authors

  • Yuni Asrianti Universitas Islam Riau
  • Mellisa universitas islam riau
  • Nurul Fauziah Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2023.12297

Keywords:

Kesulitan Belajar, Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi kelas XI SMA YLPI Pekanbaru Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, observasi  dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dijabarkan pada bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan mengenai faktor-faktor kesulitan belajar siswa pada pembelajaran biologi di kelas XI SMA YLPI tahun ajaran 2022/2023 dimana dari aspek psikologisnya,skor jawaban siswa adalah 69,38%  skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek psikologisnya. Rata-rata skor siswa adalah 72,51%  skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek fisiologisnya. Rata-rata skor siswa adalah 68,42% berada dalam rentang tinggi yang artinya siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan sekolahnya. Skor siswa adalah 68,71%  berada dalam rentang tinggi yang artinya siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan keluarganya. Skor siswa adalah 68,71% dimana skor ini berada dalam rentang tinggi yang artinya bahwa siswa memiliki kesulitan belajar dalam aspek lingkungan keluarganya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, B. P., & Mukti, F. D. (2019). Peningkatan rasa ingin tahu ilmu pengetahuan alam melalui model contextual teaching and learning pada siswa kelas va sekolah dasar negeri karangroto 02. Jurnal Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 115-142.

Amaliyah, M., Suardana, I. N., & Selamet, K. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Dan Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 4(1), 90-101.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80-86.

Duskri, M., Kumaidi, K., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan tes diagnostik kesulitan Belajar matematika di SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 44-56.

Dalyono. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ernawati, D. (2016). Peran guru kelas dalam menangani kesulitan belajar matematika pada siswa kelas III di SD Negeri Suryodiningratan I Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Prodi PGSD UPY.

Erawati, Y. 2013 Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran BiologiKelas VIIISMP IT MASMUR Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi.FKIP. Universitas Islam Riau Pekanbaru.

Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis keterampilan proses sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas xi mata pelajaran biologi di sma al-azhar 3 bandar lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249-258.

Hanik, A. N. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Hermaneza, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi Di kelas XI SMA Handayani Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Ifatrizah, & Mellisa. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas XII IPA SMA Negeri 9 Mandau, 2(2), 22–35.

Imelda, A. (2017). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227-247.

Ismayanti. (2016). Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar dan Alternatif Pemecahannya, Siswa SMP PGRI Uluway Kecamatan Mengkendek Kab. Tana Toraja, 4(1), 64–75.

Jusra, J. (2014). Faktor-Faktor Yang Melatar Belakangi Kesulitan Belajar Siswa dan Cara Mengatasinya Di MI As’Adiyah No.170 Layang Makassar. Skripsi, (170), 1–88.

Khasanah, A. K., & Suryani, N. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Economic Education Analysis Journal, 5(1).

Kusumawati, N. H. I. (2017). Korelasi antara minat belajar dengan kesulitan belajar siswa/siswi kelas V SD Tarbiyatul Islam Kertosari babadan ponorogo tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1). DOI: https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru, Dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 302-317.

Purwanto, T. R., & Mellisa, (2022). Analisis Kesulitan Pembelajaran Biologi Pada Masa Pandemi Covid-19 Secara Daring Pada Materi Sistem Ekskresi di SMAN 2 Pekanbaru, 10(3), 232–241. https://doi.org/10.23960/jbt.v10.i3.26290

Putri, M., Kuntarto, E., & Alirmansyah, A. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di Era Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), 91. https://doi.org/10.24252/auladuna.v8i1a8.2021

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Surahman, E., & Surjono, H. D. (2017). Pengembangan adaptive mobile learning pada mata pelajaran biologi SMA sebagai upaya mendukung proses blended learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 26-37. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.9723

Soimah, I. (2018). Pengaruh media pembelajaran berbasis komputer terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 38-44.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sulistyowati, H. (2006). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran IPS Ekonomi, 162–181. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/58347-ID-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-kesulita.pdf

Utami, F. N. (2020). Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SD. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume, 2(1), 93-101.

Wahyudi, Muldayanti, N. D., & Qurbaniah, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di Kelas Viii Smp Negeri 14 Pontianak. Pendidikan Biologi, 9.

Watoni, M. S. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar pada Bidang Studi Akuntansi. Manazhim, 1(1), 64–80. https://doi.org/10.36088/manazhim.v1i1.138

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79-96.

Published

2023-06-28

How to Cite

Asrianti, Y., Mellisa, & Fauziah, N. (2023). Kesulitan Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA YLPI Pekanbaru . Biology and Education Journal, 3(1), 10–23. https://doi.org/10.25299/baej.2023.12297

Most read articles by the same author(s)