Penerapan Strategi Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Mandau

Authors

  • HUMISAR HUMISAR SMP Negeri 2 Mandau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).3114

Keywords:

active learning, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan pada bulan Febuari sampai Maret 2015. penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VII.1 SMP Negeri 2 Mandau dengan menerapkan strategi active learning. Subjek penelitian ini adalah kelas VII.1. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivita siswa, dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.

Kata kunci: Strategi active learning, Hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wina Sanjaya. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran , Jakarta: Prenada Media Group

Hartono. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

M. Silberman. 2005. Cara Pelatihan & Pembelajaran Aktif, Jakarta: Rineka Cipta

Warsono dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasanatun. 2009. Metode Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan. Jakarta: Pustaka Setia.

Tohirin. 2011. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nana Sudjana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slemato. 2003. Belajar Dan Factor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Downloads

Published

2021-10-28

How to Cite

HUMISAR, H. (2021). Penerapan Strategi Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 2 Mandau. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 153–158. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).3114
Received 2019-05-05
Accepted 2022-04-28
Published 2021-10-28