Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA di SMAN 12 Pekanbaru dengan Media Microsoft Office Powerpoint

Authors

  • Nindita pradnya sakanti UIR
  • sari herlina
  • fitriana yolanda

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar matematika kelas XII IPA SMAN 12 Pekanbaru dengan media Microsoft Office Powerpoint Tahun Pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII IPA SMAN 12 Pekanbaru dan sampel penelitiannya adalah kelas XII IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil berdasarkan teknik Sampling Purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan secara teknik tes. Analisis yang digunakan adalah analisis inferensial dengan menguji homogenitas varians dan uji hipotesis pertama yang menggunakan uji-t dengan taraf nyata α=0,05. Sehingga hasil penelitian diperoleh nilai t_hitung=6,20 dan t_tabel=1,67, yang berarti t_hitung ≥ t_tabel. Dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan yang berarti terdapat pengaruh hasil belajar matematika yang menerapkan model Auditory Intellectually Repetition dengan media Microsoft Office Powerpoint, sedangkan pada hipotesis kedua menggunakan uji One-way Anova diperoleh nilai Fhitung = 75,96 dan Ftabel = 3,25, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa berkemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada kelas eksperimen yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition dengan media Microsoft Office Powerpoint.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-11

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>