Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Barisan dan Deret untuk Siswa Kelas X SMK

  • Elisa Alvionita mahasiswa
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
Keywords: Pengembangan, perangkat pembelajaran, model Guided Discovery Learning, RPP, LAS

Abstract

ABSTRAK

       Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dengan model Guided Discovery Learning.

      Bentuk penelitian ini adalah penelitian pengembangan modifikasi Research and Development (R&D) sehingga menjadi beberapa tahap yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validitas desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produk akhir. Uji coba produk ini dilaksanakan di kelas X AK/ADP SMK KANSAI Pekanbaru dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang. Instrumen pengumpul data penelitian ini adalah instrumen validasi dan instrumen praktikalitas  berupa angket respon guru, angket respon siswa dan angket keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa. Teknik pengumpul data penelitian ini adalah teknik pengisian lembar validasi dan praktikalitas. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis validitas dan praktikalitas.

       Berdasarkan  hasil penelitian diperoleh hasil kevalidan RPP sebesar 75,77% dengan tingkat validitas cukup valid dan hasil kevalidan LAS sebesar 75,66% dengan tingkat validitas cukup valid. Hasil kepraktisan RPP sebesar 85,71% dengan tingkat praktikalitas sangat praktis dan hasil kepraktisan LAS sebesar 86,86% dengan tingkat praktikalitas sangat praktis, sedangkan rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran guru sebesar 91,30% dengan kriteria sangat praktis serta rata-rata hasil keterlaksanaan pembelajaran siswa diperoleh rata-rata sebesar 88,04% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan model Guided Discovery Learning pada materi barisan dan deret untuk siswa kelas X SMK yang teruji kevalidan dan kepraktisannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-03-09
Section
Articles
Abstract viewed = 210 times
pdf downloaded = 102 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>