Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 14 Pekanbaru Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif

Authors

  • neva monica sabrina dewi UIR
  • rezi ariawan
  • sari herlina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Negeri 14 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan non equivalent control group design menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan posttest, lembar tes gaya kognitif GEFT, dan lembar pengamatan keterlaksanaan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes dan teknik non tes. Teknik analasis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru; (2) Terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field-Independent; (3) Tidak terdapat pengaruh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru ditinjau berdasarkan gaya kognitif Field-Dependent.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 14 Pekanbaru lebih berpengaruh ke gaya kognitif Field-Independent.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-02-27

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>