Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi

-

Authors

  • nurmalia nurmalia mahasiswa
  • Alzaber -
  • Sari Herlina

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan pada bulan April 2018. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa dan angket motivasi belajar. Tindakan pengamatan dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan angket motivasi belajar disebar sebanyak tiga kali yakni sebelum tindakan, setelah siklus I dan setelah siklus II. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket motivasi secara keseluruhan didapat motivasi siswa sebelum tindakan adalah 68,10%, sedangkan motivasi setelah siklus I adalah 72,47% dan setelah siklus II adalah 76,38%. Proses pembelajaran di kelas menunjukan perbaikan dan guru tidak lagi menjadi satuu-satunya sumber dalam belajar, siswa memperhatikan saat guru menerangkan pembelajaran dan keaktifan siswa di kelas sudah mulai meningkat. Dari hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat memperbaiki proses pemmbelajaran dan meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi.

 

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Motivasi Belajar Matematika

 

Downloads

Download data is not yet available.

Additional Files

Published

2019-04-20

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)