The Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru

Authors

  • santi ariati mahasiswa
  • Rezi Ariawan UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Fitriana Yolanda UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar Matematika

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment)  dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan, lembar pretest dan posttest.  Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan dimana  dan  . Berdasarkan hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru pada materi Pola Bilangan.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar Matematika

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rezi Ariawan, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a
Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen
dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar
keterlaksanaan, lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf
signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan > dimana = 4,33 dan =
1,989. Berdasarkan hipotesis, H
0
ditolak dan H
diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru pada materi Pola Bilangan.
1
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar Matematika

Fitriana Yolanda, UNIVERSITAS ISLAM RIAU

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a
Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru. Penelitian ini
merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP
Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen
dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar
keterlaksanaan, lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf
signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan > dimana = 4,33 dan =
1,989. Berdasarkan hipotesis, H
0
ditolak dan H
diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru pada materi Pola Bilangan.
1
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar Matematika

Additional Files

Published

2019-07-08

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>