The Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar MatematikaAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas VIII-6 sebagai kelas eksperimen dan VIII-4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar keterlaksanaan, lembar pretest dan posttest. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan uji-t hasil penelitian dengan taraf signifikan 0,05, diperoleh hasil perhitungan dimana dan . Berdasarkan hipotesis, H0 ditolak dan H1 diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Pekanbaru pada materi Pola Bilangan.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teknik Make a Match, Hasil Belajar Matematika