Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN

  • Dika Natalia Universitas Islam Riau
  • zul karnain Universitas Islam Riau
  • fitriana yolanda Universitas Islam Riau

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kandis, kabupaten Siak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN kelas VIIb dengan jumlah siswa 35 orang siswa yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Bentuk penelitian yang dilaksanakan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Instrumen pengumpulan data pada penelitian yang telah dilaksanakan adalah lembar pengamatan dan tes hasil belajar. Adapun teknik pengumpulan data yaitu teknik pengamatan dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbaikan proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar matematika siswa SMPN kelas VIIb. Hal ini dapat dilihat dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan proses, yaitu proses pembelajaran yang diterapkan semakin baik dan benar telah mengarah pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat, pada skor dasar terdapat 22 orang siswa, sedangkan pada ulangan harian I menjadi 25 orang siswa kemudian pada ulangan harian II menjadi 27 orang siswa. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMPN tahun pelajaran 2017/2018.

Published
2019-09-11
How to Cite
NATALIA, Dika; KARNAIN, zul; YOLANDA, fitriana. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMPN. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 75-82, sep. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2677>. Date accessed: 22 jan. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.