Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Conecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara

Authors

  • eka nurma ningsih UIR
  • sari herlina
  • putri wahyuni

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari tiga, pertama adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara, kedua untuk mengetahui perbedaan hasil belajar berdasarkan kemampuan tinggi, sedang,  dan rendahnya model pembelajaran CORE terhadap siswa kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara dan ketiga untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran CORE pada kelas eksperimen siswa kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi experiment) dengan desain penelitian Non-Equivalent Control Group Design dan teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas, yaitu kelas VIIIb sebagai kelas control dan kelas VIIIc sebagai kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data berupa soal pretest, posttest dan lembar keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analis inferensial. Hasil penelitian dengan uji-t diperoleh kesimpulan terdapat pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara, untuk uji anova satu jalur diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendahnya dengan model pembelajaran CORE terhadap siswa kelas VIII SMPN 12 Tambusai Utara, sedangkan berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan diperoleh kriteria yang sangat kuat artinya terlaksana dengan baik.

 

 

Kata kunci: Hasil belajar matematika, model pembelajaran CORE

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-02-24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>