PERANAN PEMBIAYAAN MUSYARAKAH MUTANAQISHAH (MMQ) BANK SYARIAH INDONESIA PADA PENGEMBANGAN UMKM DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Ela Wilfa Sari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Supardi Mursalin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Kustin Hartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16857

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Musyarakah Mutanaqisah, Pembiayaan, UMKM

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pembiayaan MMQ Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik dan pengembangan pada UMKM di kota Bengkulu setelah mendapatkan pembiayaan MMQ Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik. Pendekatan penelitian ini bersifat deskriptif menggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan pembiayaan MMQ sebagai modal kerja syariah berperan dalam memberikan bantuan modal kepada nasabah melalui pembiayaan dengan akad MMQ untuk mengembangkan usaha nasabah yang dilakukan dengan cara membeli asset seperti mobil, meja, kursi dan lain-lain. Sedangkan pada investasi syariah, pembiayaan dengan akad MMQ ini berperan dalam mengembangkan usaha nasabah  yang dilakukan dengan cara membeli gedung atau ruko, tanah dan lain-lain. Dan pengembangan UMKM di Kota Bengkulu setelah mendapatkan pembiayaan Musyarakah Mutanaqishah (MMQ) Bank Syariah Indonesia KC Bengkulu Adam Malik dapat dilihat dari pengembangan asset, revenue (pendapatan) dan modal. Dari beberapa indikator tersebut dapat disimpulkan bahwa pembiayaan yang disalurkan bank memberikan dampak positif berupa kenaikan pendapatan, julmlah modal dan asset yang terus berkembang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adzkia, Khaliza. 2023. Peran Pembiayaan Kredit Usaha Rakyat Bagi Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banda Aceh Diponegoro). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Batubara, Silviana,. Maharani, Fithra., & Makhrani. 2022. Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), p. 1023-1032.

Creswell, John W. 2015. Pelnellitian Kulalitatif & Delsain Riselt. Pulstaka Pellajar. Yogyakarta.

Delpartelmeln Pelrbankan Syariah dan OJK. 2016. Standar-Standar Produlk Pelrbankan Syariah, Mulsyarakah dan Mulsyarakah Multanaqishah. Jakarta.

Dwintama, Fira Prasilia., Ramadhan, Satrio., Darajat, Iman Fauqa., Hak, Nurul., & Hartini, Kustin. 2021. Pelngarulh NPF, CAR, Dan FDR Telrhadap Profitabilitas Pada Bank Ulmulm Syariah di Indonelsia Pelriodel 2016-2020. JAM-ElKIS : Julrnal Ilmiah Akulntansi, Manajelmeln & Elkonomi Islam, 4(2), p. 408-417.

Elnjellita, Mira. 2021. Pelranan Pelmbiayaan Mikro PT. Bank Syariah Indonelsia Tbk Oultlelt Argamakmulr’. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institult Agama Islam Nelgelri Belngkullul.

Gion, Egig Islamida Putri Dela Gion., & Kustiningsih, Nanik. 2022. Peranan Perbankan Syariah Terhadap Ekonomi Melalui Pembiayaan Modal Kerja Umkm Pada Bank Syariah Indonesia Periode 2017-2019. Revenue : Jurnal Akuntansi, 3(1), p. 395-405.

Karini, Ila. 2017. Analisis Pelran Pelmbiayaan Modal Kelrja Ulsaha Telrhadap Pelningkatan Ulsaha Mikro Kelcil Melnelngah (UlMKM) Dalam Pelrspelktif Elkonomi Islam (Stuldi Pada Baitult Tamwil Mulhammadiyah BiMUl Bandar Lampulng). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Radeln Intan Lampulng.

Imani, Safarinda. 2018. Analisis Dampak Pelmbiayaan Bank Ulmulm Syariah Pada Pelrkelmbangan Ulsaha Mikro, Kelcil Dan Melnelngah Di Indonelsia (Melnggulnakan Analisis Velctor Aulto Relgrelssion). El Dinar : Julrnal Kelulangan dan Pelrbankan Syariah, 6(1), p. 14-28.

Muslimudin, Rais. 2022. Pelngarulh Pelmbiayaan Mulsyarakah Multanaqishah Telrhadap Pelrkelmbangan Ulsaha Mikro Kelcil Melnelngah (UlMKM) Pada Nasabah Bank Syariah Indonelsia KCP Balaraja 2 Tangelrang Banteln. Skripsi, Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Syarif Hidayatulllah Jakarta.

Putri, Monica Agnesillia. 2023. Penerapan Akad Mudharabah Dalam Pembiayaan Di BMT KUBE Sejahtera 007 Srikaton Pondok Kelapa. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

Selvia, Nia. 2023. Analisis Pelran Produlk Pelmbiayaan Mulsyarakah Bank Syariah Indonelsia Pada Pelrkelmbangan Ulsaha Mikro Kelcil Melnelngah (UlMKM) Di Kabulpateln Reljang Lelbong. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institult Agama Islam Nelgelri (IAIN) Culrulp.

Sulgiyono. 2018. Meltodel Pelnellitian Kulantitatif Kulalitatif dan R&D. CV Alfabelta. Bandung.

Tias, Nana Meliana Ning. 2021. Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tahu Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Abian Tubuh (Studi Kasus Di Kelurahan Abian Tubuh Kecamatan Sandubaya Kota Mataram). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram.

Yana, Eka Novi. 2018. Kontribusi Pembiayaan Murabahah PT. BPRS Safir Dalam Pengembangan UMKM Kota Bengkulu. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu.

Downloads

Published

2024-05-07