PENGARUH TEKNOLOGI INFORMASI, RESIKO, DAN HANDLING COMPLAINT TERHADAP MINAT MAHASISWA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU DALAM PENGGUNAAN BSI MOBILE

Authors

  • Silvia Veronika Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Supardi Mursalin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Rahmat Putra Ahmad Hasibuan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).20978

Keywords:

Teknologi Informasi, Resiko, Handling Complaint, Minat Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh teknologi informasi, resiko, dan handling complaint terhadap minat mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam penggunaan BSI Mobile. Pada zaman ini  perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat baik teknologi informasi maupun teknologi komunikasi. Teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam segala bidang seperti dunia perbankan. Di dalam dunia perbankan terdapat perbankan digital yang diakses menggunakan internet seperti Bank Syariah Indonesia menggunakan BSI Mobile untuk melakukan transaksi perbankan dengan efektif dan efisien. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif pendekatan Assosiatif dengan meguji kualitas data dan hipotesis yang dilakukan dengan metode regresi linear berganda. Dengan jumlah sampel sebanyak 96 responden. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi variabel teknologi informasi (X1) 0,000 < 0,05 artinya terdapat pengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam penggunaan BSI Mobile, nilai signifikansi resiko (X2) 0, 153 > 0,05 artinya tidak terdapat pengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam penggunaan BSI Mobile,  nilai signifikansi variabel handling complaint (X2) 0,000 < 0,05 artimya terdapat pengaruh terhadap minat mahasiswa UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam penggunaan BSI Mobile.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagastia, Mohamad Irfan. 2019. Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan, dan Risiko terhadap Minat menggunakan Mobile Banking dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BRI Syariah Semarang). Iain Salatiga. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga .

Fahmi, Irham. 2019. Manajemen Risiko Teori, Kasus, Dan Solusi. Alfabeta. Bandung.

Hasan, Nurul Ichsan. 2014. Pengantar Perbankan. Gaung Persada Press Grup. Jakarta.

Hermawan, sigit., & Amirullaah. 2016. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif. Media Nusa Creative. Malang

Lestari, Ranti Dewi. 2021. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kemanfaatan dan Kualitas Pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada Mobile Banking (Bank Syariah Indonesia). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Mardiatmoko, Gun. 2020. Pentingnya Uji Asumsi Klasik Pada Analisis Regresi Linier Berganda. BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), p. 333–342.

Matnin., Kunaifi, Aang., & Ubaidillah, Ach. 2021. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Risiko Dan Handling of Complaints Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Bprs Bakti Sumekar Cabang Pragaan). Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 6(02), p. 176–190.

Musyaffi, Ayatulloh Michael., & Kayati. 2020. Dampak Kemudahan dan Risiko Sistem Pembayaran QR Code: Technology Acceptance Model (TAM) Extension. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), p. 161-176.

Nurdin., Ningrum, Rukma., Bachmid, Sofyan., & Jalil, Abdul. 2020. Pengaruh Manfaat, Kepercayaan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bank Mega Syariah Cabang Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 3(1), p. 30-45.

Oktavianingsih, Ani., Mursalin, Supardi., & Hartini, Kustin. 2023. Analisis Edukasi, Motivasi Investasi Dan Modal Terhadap Minat Berinvestasi Saham Syariah (Studi Pada Siswa SMA Negeri 7 Kota Bengkulu). JIBMA : Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 10(1), p. 1-14.

Oktovianti, Dewi Elyza. 2023. Pengaruh Teknologi Informasi, Risiko, dan Handling Complain Terhadap Minat Nasabah Dalam menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Putra, Rudiamsyah. 2021. Pengaruh Persepsi Teknologi, Resiko, dan Handling Complaint Terhadap Minat Nasabah Dalam Menggunakan Internet Bangking (Studi Kasus di PT. Bank SUMUT KCSy H. M. Yamin). Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Putri, Shavira Zulfa Eka. 2021. Pengaruh Citra Perusahaan, Penanganan Keluhan, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pelanggan Shavira Catering & Service). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang.

Saufik, Iman. 2021. Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Prima Agus Teknik. Semarang.

Soelistya, Djoko., & Agustina, Heni. 2018. AnalisisTeknologi Informasi Mobile Banking dan Persepsi Resiko Transaksi Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Bank Mandiri Syariah Cabang Jemur Handayani Surabaya). Accounting and Management Journal, 1(2), p.1-12.

Downloads

Published

2024-11-30