SHARIA ONLINE TRADING SYSTEM SEBAGAI SISTEM TRANSAKSI SAHAM DI PASAR MODAL SYARIAH (STUDI PT. FAC SEKURITAS BENGKULU)

Authors

  • Selpi Dwi Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Supardi Mursalin Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Yetti Afrida Indra Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Kustin Hartini Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).11484

Keywords:

Sistem Online Trading Syariah (SOTS), Transaksi Saham, Pasar Modal Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem transaksi saham melalui sharia online trading system di pasar modal syariah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang mana diperoleh secara langsung dari sumber asli tanpa melalui perantara yaitu dengan cara mewawancarai investor dan customer relations and communication PT. FAC Sekuritas Cabang Bengkulu, dan sumber data sekunder berasal dari buku-buku, serta literatur lain yang berhubungan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa mekanisme transaksi saham menggunakan sistem online trading syariah dimulai dengan proses pembukaan akun, kemudian nasabah akan mendapatkan User ID, PIN dan Password untuk bisa login pada aplikasi FAST (First Asia Smart Trading). Kemudian pemahaman investor dalam bertransaksi saham melalui sharia online trading system (SOTS) termasuk dalam ketegori pemahaman tingkat menengah, dimana investor memahami tentang pengetahuan dan kemampuan untuk mengerti mengenai transaksi saham menggunakan sharia online trading system, dan mampu menafsirkan serta menghubungkan beberapa pengetahuan dasar tentang perdagangan saham, misalnya dalam transaksi jual beli saham syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdalloh, Irwan. 2018. Pasar Modal Syariah. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Agustin, Inneke Wahyu. 2019. Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Sharia Online Trading System Menurut Fatwa Dewan Syari’ah Nasional No.80/DPS/III/2011. AHKAM, 7(2), p. 309-332.

Direktorat Pasar Modal Syariah Otoritas Jasa Keuangan. 2015. Roadmap Pasar Modal Syariah 2015-2019 Membangun Sinergi Untuk Pasar Modal Syariah Yang Tumbuh, Stabil, Dan Berkelanjutan. Direktorat Pasar Modal Syariah. Jakarta.

Fikrianto, Hayyu. 2020. Penerapan Sharia Compliance Pada Syariah Online Trading System (SOTS) di Pasar Modal Syariah Indonesia. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Haridhi, Hafiz Mubarraq. 2020. Syariah Online Trading System (SOTS) Sebagai Sistem Transaksi Saham Syariah di Bursa Efek Indonesia Tinjauan Terhadap PJOK No. 15 Tahun 2015. Az Zarqa’ : Jurnal Hukum Bisnis Islam, 12(2), p. 163-188.

Hayati, Nurul. 2010. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Price Earning Ratio (PER) Sebagai Salah Satu Kriteria Keputusan Investasi Saham Perusahaan Real Estate dan Property Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 11(1), p. 53-62.

Mahtuma, Binti. 2018. Administrasi Transaksi. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Pandaya., Julianti, Pujihastuti Dwi., & Suprapta, Imam. 2020. Pengaruh Faktor Fundamental Terhadap Return Saham. Jurnal Akuntansi, 9(2), p. 233-243.

Prasetia, Yussi Septa. 2017. Implementasi Regulasi Pasar Modal Syariah Pada Sharia Online Trading System (SOTS). Al-Tijary : Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), p. 133-144.

Samsul, Mohamad. 2015. Pasar Modal & Manajemen Portofolio. Penerbit Erlangga. Makassar.

Sunariyah. 2003. Pengantar Pengetahuan Pasar Modal. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Tambunan, Diana. 2020. Investasi Saham Di Masa Pandemi Covid-19. Widya Cipta : Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 4(2), p. 117-123.

Utama, Rafelito Octa Putra. 2020. Pengaruh Kelengkapan Fitur, Kemudahan Penggunaan dan Biaya Transaksi Terhadap Kepuasan Nasabah Aplikasi Online Trading Pada PT. FAC Sekuritas Indonesia. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yafiz, Muhammad. 2008. Saham Dan Pasar Modal Syariah : Konsep, Sejarah Dan Perkembangannya. MIQAT, 42(2), p. 232-246.

Yustati, Herlina. 2017. Efektivitas Pemanfaatan Sistem Online Trading Syariah dalam Meningkatkan Investor Saham di Pasar Modal Syariah. Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 1(2), p. 107-122.

Downloads

Published

2023-05-02