ANALISIS PERILAKU NASABAH DALAM MELAKUKAN PEMBIAYAAN PADA KOPERASI SYARIAH MURNI AMANAH SEJAHTERA KOTA MALANG

Authors

  • Sherina Zahrotun Nidiyah Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Esy Nur Aisyah Program Studi Perbankan Syariah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(2).10872

Keywords:

Perilaku Nasabah, Pembiayaan, Koperasi Syariah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku nasabah dalam melakukan pembiayaan pada Koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Kota Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengambilan responden pada penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling yang menghasilkan 16 responden yang dirasa cocok dengan sumber data. Data diperoleh melalui wawancara kepada informan guna memperoleh informasi terkait dengan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian, nasabah Koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Kota Malang dalam melakukan pembiayaannya, nasabah melalui kelima proses pengambilan keputusan. Yaitu pengenalan masalah, mencari informasi, mengevaluasi alternatif, pengambilan keputusan, dan perilaku pasca pengambilan keputusan. Dan tahap terakhir dalam proses pengambilan keputusan tersebut yakni perilaku pasca pengambilan keputusan, hasil penelitian menyatakan bahwa nasabah cenderung untuk melakukan pembiayaan ulang pada Koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Kota Malang. Faktor yang paling berpengaruh pada nasabah dalam melakukan pembiayaan yaitu ; 1) Sosial 2) Produk 3) Harga 4) Kualitas pelayanan 5) Motivasi 6) Sikap dan keyakinan. Sedangkan faktor promosi dan tempat tidak berpengaruh terhadap nasabah dalam melakukan pembiyaan pada Koperasi Syariah Murni Amanah Sejahtera Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Arif, M. Nur Rianto. 2012. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Alfabeta. Bandung.

Amirullah. 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Jakarta.

Dedi, Ahdiyat. 2014. Materi Coaching Clinic Kondisi Fisik Futsal. Bekasi.

Dharmmesta, Basu Swastha, B., & Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Liberty. Yogyakarta.

Kasmir. 2005. Pemasaran Bank. Kencana. Jakarta.

Kasmir. 2014. Manajemen Perbankan. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo. Jakarta.

Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Jilid I. Diterjemahkan oleh Benyamin Molan. Indeks. Jakarta.

Muhammad. 2005. Manajemen Pembiayaan Bank Syari’ah. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Prasetijo, Ristiyanti., & Ihalauw, John J.O.I. 2005. Perilaku Konsumen. ANDI. Yogyakarta.

Sangadji, Etta Mamang., & Sopiah. 2012. Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktid Disertasi Himpunan Jurnal Penelitian. CV. Andi Offeset. Yogyakarta.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana Prenada Media. Jakarta.

Sitio, Arifin., & Tamba, Halomoan. 2001. Koperasi Teori dan Praktek. Erlangga. Jakarta.

Sofjan, Assauri. 2010. Manajemen Pemasaran : Dasar, Konsep & Strategi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Subianto, Totok. 2007. Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 3(3), p. 165-182.

Sumarni, Murti. 2002. Manajemen Pemasaran Bank. Liberty. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. CV. Budi Utama. Yogyakarta.

Wahyuningsih, Diah., Titi, Crisanty Sutristyaningtyas., & Oktavianti, Henny. 2014. Analisis Perilaku Nasabah dalam Pembiayaan di Bank Syariah Mandiri. Media Trend, 9(1), p. 90-114.

Wibowo, Muladi. 2010. Perilaku Konsumen Pengaruhnya terhadap Keputusan menjadi Nasabah pada Kopwan Syariah. Jurnal Dinamika Manajemen, 1(1), p. 34-40.

Downloads

Published

2022-11-13