ANALISIS PENGARUH HEDONISME, RELIGIUSITAS, MOTIVASI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA PT BANK BRI SYARIAH, TBK KANTOR CABANG PEMBANTU MAJAPAHIT SEMARANG)

Authors

  • Rokhmania Nurmaeni Politeknik Negeri Semarang
  • Siti Hasanah Politeknik Negeri Semarang
  • Mustika Widowati Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5730

Keywords:

Keputusan Menabung, Hedonisme, Religiusitas, Motivasi, Promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh hedonisme, religiusitas, motivasi, dan promosi terhadap keputusan menabung pada bank syariah (studi kasus pada PT Bank BRI Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Majapahit Semarang) baik secara simultan maupun parsial. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan pada PT Bank BRI Syariah, Tbk KCP Majapahit Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 nasabah tabungan PT Bank BRI Syariah, Tbk KCP Majapahit Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Model analisis data menggunakan model analisis regresi linier berganda. Sedangkan teknik analisis data menggunakan menggunakan uji statistik F, uji koefisien determinasi (R2), dan uji statistik t. Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan menunjukkan bahwa (1) hedonisme, religiusitas, motivasi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. (2) Hedonisme secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. (3) Religiusitas secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. (4) Motivasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung. (5) Promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menabung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, K. 2017. Pengaruh Promosi dan Atribut Produk Terhadap Keputusan Nasabah dalam Memilih Tabungan Ekasave Pada Bank Eka Kantor Pusat Metro. Jurnal DINAMIKA, 3(1), 66–80.

Bansal, S. P., Singh, R., & Gangotia, A. 2014. Measuring the Impact of Sales Promotion, Service Quality and Customer Experience: A Case of e-Ticketing. Transnational Corporations Review, 6(4), 419–428.

Dahana, W. D., Miwa, Y., Baumann, C., & Morisada, M. 2020. Relative Importance Of Motivation, Store Patronage, and Marketing Efforts in Driving Cross-Buying Behaviors. Journal of Strategic Marketing, 1–29.

Epicurus. 2019. Seni Berbahagia. BASABASI. Yogyakarta.

Indrawati, D. 2015. Pengaruh Citra Merek dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab “ZOYA.” Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 15(2), 302–319.

Ismail, M. 2019. Hedonisme dan Pola Hidup Islam. Jurnal Ilmiah Islamic Resources, 16(2), 193–204.

Kelly, E. 2015. Gaya Hidup Hedonis dan Impulse Buying Pada Kalangan Remaja Putri. Jurnal Sketsa Bisnis, 2(1), 1–18.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2008. Principles of Marketing (12., rev. ed., internat. ed). Pearson/Prentice Hall. United States of America.

Maisur, Arfan, M., & Shabri, M. 2015. Pengaruh Prinsip Bagi Hasil, Tingkat Pendapatan, Religiusitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Pada Bank Syariah di Banda Aceh. Jurnal Magister Akuntansi, 4(2), 1–8.

Mandali, R., Rahmiati, & Mesta, H. A. 2016. Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Menabung Mahasiswa Pada Bank Syariah di Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 5(1), 118–131.

Maski, G. 2010. Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 43–57.

Mayasari, H., Nurlina, & Wardiningsih, E. 2017. Pengaruh Motivasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menabung di Bank Sinarmas Syariah Padang. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 8(2), 1–13.

Nitisusastro, H. M. 2012. Perilaku Konsumen: Dalam Perspektif Kewirausahaan. Alfabeta. Bandung.

Pabbajah, M., Widyanti, R. N., & Widyatmoko, W. F. 2019. The Factors of Service, Religiosity, and Knowledge in The Decision of Customers to Save Funds in Sharia Banks in Yogyakarta City. International Journal of Business, Humanities, Education, and Social Sciences, 1(2), 13–26.

Rizaldi, M. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada Smartphone di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen, 4(2), 85–93.

Sarwita, H. A. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung (Studi Kasus Pada Perumda BPR Majalengka). Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akuntansi, 4(1), 36–45.

Septianan L, E., & Indrajaya, T. 2018. Analisis Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Konsumen untuk Menabung BRI Simpedes di BRI Unit Cipayung. Jurnal Administrasi dan Manajemen, 11(1), 715–722.

Shofwa, Y. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada BSM Cabang Purwokerto. El-jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 4(1), 189–215.

Siregar, B. G. 2018. Pengaruh Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada PT Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 4(1), 1–20.

Sudarsih, S. 2011. Konsep Hedonisme Epikuros dan Situasi Indonesia Masa Kini. HUMANIKA, 14(1), 1-8.

Suprapti, N. W. S. 2010. Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya dalam Strategi Pemasaran. Udayana University Press. Bali.

Tajudin, M. H., & Mulazid, A. S. 2017. Pengaruh Promosi, Kepercayaan, dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Haji (Mabrur) Bank Syariah Mandiri KCP Sawangan Kota Depok. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 19–46.

Umboh, S. O., Tumbel, A., & Soepeno, D. 2015. Analisis Kualitas Produk, Brand Image, dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita di Mississippi Manado Town Square. Jurnal EMBA, 3(1), 1096–1105.

Utami, W., Sangen, M., & Rachman, M. Y. 2015. Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi, dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, 3(1), 79–89.

Utamy, O. D. B., & Widhiastuti, R. 2019. The Effect of Sharia Bank Knowledge, Promotion, and Facilities on Savings Decisions at Sharia Banks with Savings Interest as Mediation Variables. Journal of Islamic Economics, Management, and Business, 1(1), 1–28.

Wijaya, I. F., Hakim, A. R., Saputro, N., & Mulyadi. 2019. Religiosity Level and Saving Decisions in Baitul Maal wat Tamwil: The Case Of Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 11(6), 1465-1483.

Downloads

Published

2020-11-01