FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN DAN KEPUTUSAN BERTRANSAKSI NASABAH PENGGUNA MANDIRI SYARIAH MOBILE (MSM)

Authors

  • Anggit Pragusto Sumarsono Universitas Indonesia
  • Mhd Handika Surbakti Universitas Indonesia
  • Nurul Huda Universitas Yarsi
  • Nova Rini STIE Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5812

Keywords:

Maslahah, Bank Syariah, Mobil Banking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan keputusan bertransaksi nasabah pengguna mobile banking pada Bank Syariah Mandiri (BSM). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan analisis deskriptif dan analisis structural equation model (SEM) pendekatan partial least square (PLS). Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSM yang menggunakan Mandiri Syariah Mobile (MSM) dengan pemilihan sampel menggunakan convient sampling yang termasuk dalam teknik sampling non-probability sampling. Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer yang diperoleh dari hasil pengisian kuesioner tanggapan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur transfer adalah fitur yang paling dibutuhkan oleh nasabah pengguna MSM, sedangan fitur religi adalah fitur yang paling tidak dibutuhkan. Tetapi uniknya tingkat kepuasan terhadap fitur religi tercatat paling tinggi dibandingkan dengan fitur-fitur lainnya. Didapatkan juga adanya pengaruh signifikan dari variabel efisiensi, kepercayaan (trust) dan keberkahan terhadap kepuasan nasabah pengguna MSM, sedangkan untuk variabel kemudahan tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Kepuasan nasabah tersebut juga berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan nasabah dalam bertransaksi melalui MSM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amijaya, G. 2010. Pengaruh Persepsi Tekhnologi Informasi , Kemudahan Resiko dan Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BCA). Skripsi Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi - Universitas Diponegoro.
Bank Mandiri Syariah. 2019. Company Profile Bank Mandiri Syariah. Retrieved on August, 2019 from : https://www.mandirisyariah.co.id/tentang-kami.
Ghozali, I. 2012. Aplikasi Analisi Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, I. 2014. Structural Equation Modelling (SEM) Metode Alternatif dengan Partial Least Square. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Kotler, P., & Armstrong, G. 2010. Principle of Marketing 13th edition. Pearson Education Inc. New Jersey.
Kotler, P., & Keller, K. L. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid Pertama dan Kedua. PT. Indeks. Jakarta.
Lam, A. E. 2017. Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Word of Mouth (Studi Kasus Pada Konsumen Dunkin Donuts di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Maulana, R., Iskandar, I., & Mailany, M. 2018. Pengaruh Penggunaan Mobile Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Menggunakan Model Penerimaan Tekhnologi. Cyberspace Journal, 2(2), 146-155.
Misanam, M., Suseno, P., & Hendriento, M. 2008. Ekonomi Islam. LP3EI UII dan Bank Indonesia. Yogyakarta.
Sarwono, J., & Narimawati, U. 2015. Membuat Skripsi, Tesis dan Disertasi dengan Partial Last Square SEM (PLS-SEM). Penerbit ANDI. Yogyakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabet. Bandung.
Trisetyanto, T. 2013. Analisis Pengaruh Trust dan Mutu E-Banking Terhadap Minat Bertransaksi Ulang Secara Online (Studi Kasus Nasabah BNI Semarang). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Wahyuningsih, N., & Janah, N. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Nasabah Menggunakan Internet Banking pada Bank Muamalat. Jurnal Al Amwal,10(2), 295-314.
Wardana, A. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah di Indonesia. Derema Jurnal Manajemen, 10(2), 273-284.

Downloads

Published

2020-11-01