STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI EMAS DI BANK SYARIAH INDONESIA KC JENGGOLO SIDOARJO

Authors

  • Clarisa Eka Rismadayanti Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).12153

Keywords:

Strategi Pemasaran, Gadai Emas, Bank Syariah Indonesia

Abstract

Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo memiliki produk yakni gadai emas, yang bertujuan agar dapat membantu masyarakat dalam pembiayaan. Dalam pemasaran produk gadai emas masih kurang dalam melakukan pemasaran. Maka dari itu masyarakat juga masih kurang mengetahui dan kurang memahami apa itu gadai emas. Dalam pengembangan penelitian tersebut menggunakan jenis penelitian kualitatif, yakni melakukan teknik wawancara, observasi data dan studi pustaka. Dari hasil penelitian yang didapatkan adalah pada setiap tahunnya pendapatan di produk gadai emas semakin meningkat. Bank Syariah Indonesia KC Jenggolo melakukan suatu promosi yang menarik masyarakat diantaranya dengan memberikan hadiah atau souvenir dalam jangka waktu dan besarnya penarikan dana yang sudah ditentukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anjarsari, Dewi Puspa. 2020. Penerapan Bauran Pemasaran Pada Produk Gadai Emas di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng. Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Negeri Malang.

Balgis, Putri Dona. 2017. Gadai Emas Syariah: Evaluasi dan Usulan Akad Sesuai Prinsip Syariah. Jurnal Jurisprudence, 7(1), p. 87–96.

Irwoana, Fany. 2016. Strategi Pemasaran Gadai Emas Pada Produk Rahn PT. Bank Aceh Syariah Cabang S. Parman. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Jabani, Muzayyanah., & Chodijah, Siti. 2018. Strategi Pemasaran Produk Gadai Syariah (Rahn) dalam Upaya Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo. DINAMIS-Journal of Islamic Management And Bussines, 1(1), p. 25–33.

Jumiyanti, Siti. 2019. Strategi Bauran Pemasaran Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tangerang Selatan. Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kasmir. 2004. Bank & Lembaga Keuangan Lainnya. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Kotler, Philip., & Amstrong, Gary. 2016. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2000. Prinsip-Prinsip Pemasaran Manajemen. Prenhalindo. Jakarta.

Muslim, Bukhori. 2011. Pembiyaan Gadai Emas Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Bekasi. Skripsi, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nurlette, Ulfat Ahmad., Sobari, Ahmad., & Kosim, Ahmad Muyadi. 2014. Analisis Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) dalam Meningkatkan Pendapatan Bank (Studi Kasus Bank BJB Syariah Cabang Bogor). Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 5(2), p. 201-242.

Oji. 2014. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Warung Buncit Mampang- Jakarta Selatan. Skripsi, Fakultas Ilmu Dahwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rafi, Khairul. 2019. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas (Rahn) di Bank Jawa Barat Banten Syariah Kantor Cabang Pembantu Ciputat. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Setiawan, Iwan. 2016. Penerapan Gadai Emas Pada Bank Syariah Perspektif Hukum Ekonomi Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum Dan Perundangan Islam, 6(1), p. 188-213.

Tarigan, Yora Dwi Lestari. 2019. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Dalam Menarik Minat Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kcp. Pulo Brayan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Sumatera Utara.

Widyawati, Laisa. 2020. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Pada Bank Syariah Mandiri KC Pasaman Barat. Skripsi, Fakultas dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Zaki, Ahmad. 2014. Strategi Pemasaran Produk Gadai Emas Syariah Pada Bank BNI Syariah Cabang Fatmawati. Skripsi, Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Downloads

Published

2023-07-26