Pengaruh Fasilitas dan Lokasi terhadap Kepuasan dan Minat Berkunjung Kembali Wisatawan Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar

Authors

  • Andes Rahmat Fajrin Universitas Riau
  • Gatot Wijayanto Universitas Riau
  • Sri Endang Kornita Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7406

Keywords:

Fasilitas, Lokasi, Kepuasan, Minat Berkunjung Kembali, Objek Wisata, Candi Muara Takus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fasilitas dan lokasi terhadap kepuasan pengunjung dan minat berkunjung kembali pada Objek Wisata Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang pengunjung objek wisata. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa fasilitas dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Hasil penelitian ini memperlihatkan fasilitas dan lokasi terhadap minat berkunjung. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung. Fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung melalui kepuasan. Lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung melalui kepuasan pada Objek Wisata Candi Muara Takus Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar.

This study aims to analyze the effect of facilities and location on visitor satisfaction and interest in revisiting the Muara Takus Temple Tourism Object, District XIII Koto Kampar, Kampar Regency. The sample in this study was 100 visitors to the tourist attraction. The data analysis used in this research is path analysis. The results showed that the results of this study showed that the facilities and location had a positive and significant effect on satisfaction. The results of this study show the facilities and location of interest in visiting. Satisfaction has a positive and significant effect on interest in visiting. Facilities have a positive and significant effect on interest in visiting through satisfaction. The location has a positive and significant effect on interest in visiting through satisfaction at the Muara Takus Temple Tourism Object, District XIII Koto Kampar, Kampar Regency.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Ilda 2016. Pengaruh Citra Destinasi Dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pengunjung Melalui Kepuasan Pengunjung. Management Analysis Journal 5 (3) (2016)
Andrea, Herle. 2018. The Impact of Destination Image on Tourists’ Satisfaction and Loyalty in the Context of Domestic.MID Journal Volume 1 ǀ Issue 2 ǀ 2018 ǀ pp. 14-26
Andreassen, & Linderstad. 2011. Customer Loyalty and Complex Services. The Impact of Corporate Image On Quality, Customer Satisfaction and Loyalty for Customers with Varying Degree of Service Expertise. International Journal Of Service Industry Management. Vol. 9 No. 1 PP. 7-23
Barkley, Bruce T and James H Saylor, 2011. Customer Driven Project Management, A New Paradigm in Total Quality Implementation Singapure
Coban, Suzan. 2012. The Effects of the Image of Destination on Tourist Satisfaction and Loyalty: The Case of Cappadocia. European Journal of Social Sciences Vol.29 No.2 (2012), pp. 222-232
Engkos Ridwan dan Achmad Kuncoro, 2013. Cara Menggunakan dan Memaknai Path. Analysis, Alfabeta: Bandung
Fatiman, Siti.2019, Analisis Pengaruh Citra Destinasi Dan Lokasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (MIBJ) Vol. 17 No. 2, Juli 2019 (27-40)
Fitriana, Rina. 2019. Pengaruh Daya Tarik Taman Potret Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 3 No 3 Bulan November 2019
Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.
Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hanief, Shofwan dan Dian Pramana. 2018. Pengembangan Bisnis Pariwisata dengan Media Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Hanif, Asya. 2018. Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 1 September 2016
Hanif, A., Kusumawati, A., Mawardi, M. K. 2016. Pengaruh Citra Destinasi
Terhadap Kepuasan Wisatawan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas
Wisatawan, Vol. 38 No. 1.
Hidayat , Muh. Nuru. 2019. Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Minat Kunjungan Wisatawan Pada Stadion Utama Palaran Di Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis, 2019, 7 (3): 818-828
Irawan, Koko. 2010. Pengantar Pariwisata, Grasindo, Jakarta
Isnaini, Putri Rizkiah. 2018. Pengaruh Citra Merek Destinasi Terhadap Keputusan Berkunjung Dan Kepuasan Pengunjung Serta Dampaknya Pada Minat Kunjung Ulang. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 55 No. 2 Februari 2018|
Jefkins, Frank dan Yadin, Daniel. 2011. Public Relation. Edisi 5. Jakarta. Erlangga
Jørgensen, Louise Gylling. 2011. Ananalysis of a destination‟s image and the language of tourism. Cand Ling.Merc. (ii) Thesis Department of English.

Kalebos, Fatmawati. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Wisatawan Yang Berkunjung Ke Daerah Wisata Kepulauan. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol 4 ,No.3, Edisi Khusus Pemasaran & Keuangan 2016: 489-502
Kasmir. 2012. Pemasaran Bank. PT Raja Grafindo. Persada. Jakarta:
Kotler, Philip and Gary, Amstrong, 2018. Principles of Marketing. Twelfth
Edition. Pearson Education. New Jersey.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management. 13th Edition.
New Jersey: Person Prentice Hall, Inc.
Levy, Michael & Weitz, Barton A, 2012. Retailing Management. New York, America : McGraw-Hill/Irwin.
Lopes, Sérgio Dominique Ferreira. 2011. Destination image: origins, developments and implications. Polytechnic Institute of Cávado and Ave Portugal.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi.
Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat
Ma’rifatun, Siti. 2018. Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening . Jurnal Manajemen Pemasaran-Agustus 2018
Mahmud. 2011. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta : Cakra. Ilmu
Manurung, Radena Jessica. 2018. Impact of Destination Image, Service Quality, and Location on Visitor Satisfaction through Visitor Decision on Global Waterboom in Pati Central Java. International Conference on Economics, Business and Economic Education 2018 Volume 2018
Morrison, Allastair. 2012. Hospitally and Travel Marketing 3. Edition. Delmar : New York.
Nazir. Moh.. 2011. Metode Penelitian. Bogor:Ghalia Indonesia
Nuraeni, Bellinda Sofia. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Kunjung Ulang Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi Vol. 23 No. 1 Juli 2014
Petrick, James F, et al. 2011. “An Examination of the Determinants of Entertainment Vacationer’s Intentions to Revisit,” in Journal of Travel Research, Vol. 40, Sage Publications, 42-43.
Pike, S. 2018. Destination Marketing. Butterworth-Heineman. Semarang: Universitas Diponegoro.
Putra, S.B. Kumadji, S. dan Hidayat, K. 2015. Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dan Keputusan Berkunjung (Survei
Pada Pengunjung Taman Rekreasi PT. Selecta, Kota Batu, Jawa Timur),
Universitas Brawijaya Malang, 2015.
Shiheng, 2016. The influence of destination image and tourist satisfaction on tourist loyalty: a case study of Chinese tourists in Korea. Emerald Insight International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, Vol. 10 Iss 2 pp. 223 - 234
Simamora, Bilson 2012. Panduan Riset Prilaku Konsumen, Pustaka Utama,
Surabaya
Spillane J.J,2013. Pariwisata Indonesia SejarahdanProspeknya, Yogyakarta, Kanisius,
Sugiarno. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi Offset.
Suryabrata, Sumadi. 2012. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa
Susanto, Budi. 2020. Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Destinasi Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Desa Wisata Selo Park Nganjuk. RE: Jurnal Riset Entrepreneurship. JRE 3 (1) 2020, 20-25
Swastha Basu dan Handoko, Hani, 2011, Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, BPFE, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2015. Pelanggan Puas? Tak Cukup. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy dan Gregoius Chandra. 2016. Service, Quality, and Satisfaction. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
Triansya, Devin, Cahya. 2018. Influence of Tourism Destination Products and Images on Tourist Visiting Decision to Kota Seribu Sungai Banjarmasin. Jurnal Pariwisata Terapan, No. 2, Vol. 2, 2018
Weisheng Chiu, Shiheng Zeng, Philip Shao-Tung Cheng, 2016. The influence of destination image and tourist satisfaction on tourist loyality: a case study of Chinese tourists in Korea”, International Journal of Culture, Tourism and Hospitaly Research, Vol. 10 Issue: 2, pp.223-224.
Wilkie, W.L 2011, Consumer Behavior, 2nd ed., John Wiley & Sons. New York
Yuwono. 2011. Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kunjungan. Jogyakarta:UGM

Downloads

Published

2021-07-26

Issue

Section

Articles