Upaya Produktivitas Karya Tulis Mahasiswa di IAIN Tulungagung sebagai Preventif Plagiasi terhadap Qualifed Kalimat Efektif

  • Sherina Wijayanti IAIN Tulungangung, Indonesia
  • Alifarose Syahda Zahra Universitas Kahuripan Kediri, Indonesia
Keywords: writing, plagiarism, EYD

Abstract

This study focuses on written literacy in form of scientific writing as one of college tridharma. Lack of interest in reading, has attracted the attention of the people to establish literacy communities that aims to spread literacy early on. Someone is able to write scientifically if he/she read a lot of literature such scientific article or journal as an information resources but many people who write without basis by doing plagiarism. This study used library research with descriptive design and literature approach as data collection technique. The results of this research were: 1) Reflections on reading and writing interest, 2) Alternative of plagiarism among students, 3) Recovery of scientific writing in accordance with EYD or EBI rules.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, Christian Sri Kusuma, Chastine Fatichah, and Diana Purwitasari. 2016. “Ekstraksi Trending Issue Dengan Pendekatan Distribusi Kata Pada Pembobotan Term Untuk Peringkasan Multi-Dokumen Berita.” JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi 14(2).

Afuan, Lasmedi. 2013. “Stemming Dokumen Teks Bahasa Indonesia.” Jurnal Telematika 6(2).

Agustinus, Jati Wahyono. 2015. “Disempurnakan dalam Surat Bisnis (Analisis Kasus Surat Perkenalan dan Permintaan Penawaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Dan Sekretari ( STIKS ) Tarakanita ).” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari.

Elok Putri Nimasari, Dkk. 2017. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat.” Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 7(2).

Faizudin Harliansyah. 2017. “Plagiarism Dalam Karya Atau Publikasi Ilmiah Dan Langkah Strategis Pencegahannya.” Libra 9(1).

Febriana Nafisati Prihatini, Dian Indudewi. 2016. “Kesadaran Dan Perilaku Plagiatisme Mahasiswa.” Dinamika Sosial 18(1).

Kurnisar. 2016. “Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi.” Bhineka Tunggal Ika 3(2).

Mansyur, Umar, Fakultas Sastra, and Universitas Muslim Indonesia. 2018. “Korelasi Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Umi the Correlation of Reading Interest with Scientific Papers Writing Ability of Students Indonesia Language Education Umi.”

Maruka, Sarima R. 2018. “Poster Pada Majalah Dinding Universitas Tadulako.” 3(1).

Mokh. Yahya, Dkk. 2018. “Hubungan Penguasaa Kosakata Dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik.” Kredo 1(2).

Muhammad Abdan Shadiqi. 2019. “Memahami Dan Mencegah Perilaku Plagiarisme Dalam Menulis Karya Ilmiah Understanding and Avoiding Plagiarism Behavior in Scientific Writing.” Buletin Psikologi 27(1).

Parto. 2013. “Kalimat Efektif dan Pengajarannya di Smp/Mts pada Era Global.” Seminar Nasional.
“Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17.” 2010.

Ramadhanti, Dina. 2015. “Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Lembah Gumanti.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 1(2).

Soesanto, Gisella Rahmadhani, Saida Ulfa,. 2016. Teknologi Pembelajaran, and Pascasarjana-universitas Negeri Malang. “Pengembangan Instrumen Penilaian Tingkat Slta.” Jurnal Pendidikan 1(6).

Suryana, Ermis. 2016. “Self Efficacy Dan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi.” Tadrib II(2).

Susanti, Dian Arya. 2013. “Hak Akademisi Pelaku Plagiarisme Dipandang Dari Sudut Pandang Etika Liberal.” Edulib 3(1).

Suyamto. 2016. “Ketidakefektifan Kalimat Dalam Jurnal FLUIDA Volume II No.2 November Polban 2015.” Sigma-Mu 8(1).

Titin Nurhayati, Feby Inggriyani, Arifin Ahmad. 2018. “Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” JPSD 4(1).
Wibowo, Reynald Karisma et al. 2016. “Penerapan Algoritma Winnowing Untuk.” Techno.Com 15(4).
Published
2019-12-08