Upaya Produktivitas Karya Tulis Mahasiswa di IAIN Tulungagung sebagai Preventif Plagiasi terhadap Qualifed Kalimat Efektif

  • Sherina Wijayanti IAIN Tulungangung, Indonesia
  • Alifarose Syahda Zahra Universitas Kahuripan Kediri, Indonesia

Abstract

This research study focuses on written literacy in the form of scientific papers as one of the three tridharma of higher education. Penstrunan reading interest attracts the attention of the community so that literacy communities are formed to disseminate literacy early on. Someone will be able to write if you master a lot of reading, but many people who write without basis with alternative plagiarism. This study uses library research with descriptive patterns as data collection material, and literature study as an approach model. This research produces: 1) Reflections on reading and writing interest, 2) Alternative plagiarism among students, 3) Recovery of scientific work according to EYD or EBI rules.

References

Aditya, Christian Sri Kusuma, Chastine Fatichah, and Diana Purwitasari. 2016. “Ekstraksi Trending Issue Dengan Pendekatan Distribusi Kata Pada Pembobotan Term Untuk Peringkasan Multi-Dokumen Berita.” JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi 14(2).
Afuan, Lasmedi. 2013. “Stemming Dokumen Teks Bahasa Indonesia.” Jurnal Telematika 6(2).
Agustinus, Jati Wahyono. 2015. “DISEMPURNAKAN DALAM SURAT BISNIS ( Analisis Kasus Surat Perkenalan Dan Permintaan Penawaran Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Dan Sekretari ( STIKS ) Tarakanita ).” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari.
Elok Putri Nimasari, Dkk. 2017. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat.” Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 7(2).
Faizudin Harliansyah. 2017. “Plagiarism Dalam Karya Atau Publikasi Ilmiah Dan Langkah Strategis Pencegahannya.” Libra 9(1).
Febriana Nafisati Prihatini, Dian Indudewi. 2016. “Kesadaran Dan Perilaku Plagiatisme Mahasiswa.” Dinamika Sosial 18(1).
Kurnisar. 2016. “Upaya Pencegahan Dan Penanggulangan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi.” Bhineka Tunggal Ika 3(2).
Mansyur, Umar, Fakultas Sastra, and Universitas Muslim Indonesia. 2018. “Korelasi Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia Umi the Correlation of Reading Interest with Scientific Papers Writing Ability of Students Indonesia Language Education Umi.”
Maruka, Sarima R. 2018. “POSTER PADA MAJALAH DINDING UNIVERSITAS TADULAKO.” 3(1).
Mokh. Yahya, Dkk. 2018. “Hubungan Penguasaa Kosakata Dengan Kesalahan Diksi Dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik.” Kredo 1(2).
Muhammad Abdan Shadiqi. 2019. “Memahami Dan Mencegah Perilaku Plagiarisme Dalam Menulis Karya Ilmiah Understanding and Avoiding Plagiarism Behavior in Scientific Writing.” Buletin Psikologi 27(1).
Parto. 2013. “KALIMAT EFEKTIF DAN PENGAJARANNYA DI SMP / MTs PADA ERA GLOBAL.” Seminar Nasional.
“Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 17.” 2010.
Ramadhanti, Dina. 2015. “Penggunaan Kalimat Efektif Dalam Karya Ilmiah Siswa: Aplikasi Semantik Studi Kasus Siswa Kelas Xi Smk Negeri 2 Lembah Gumanti.” Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat 1(2).
Soesanto, Gisella Rahmadhani, Saida Ulfa, Teknologi Pembelajaran, and Pascasarjana-universitas Negeri Malang. 2016. “Pengembangan Instrumen Penilaian Tingkat Slta.” Jurnal Pendidikan 1(6).
Suryana, Ermis. 2016. “Self Efficacy Dan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi.” Tadrib II(2).
Susanti, Dian Arya. 2013. “Hak Akademisi Pelaku Plagiarisme Dipandang Dari Sudut Pandang Etika Liberal.” Edulib 3(1).
Suyamto. 2016. “Ketidakefektifan Kalimat Dalam Jurnal FLUIDA Volume II No.2 November Polban 2015.” Sigma-Mu 8(1).
Titin Nurhayati, Feby Inggriyani, Arifin Ahmad. 2018. “Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat Dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.” JPSD 4(1).
Wibowo, Reynald Karisma et al. 2016. “PENERAPAN ALGORITMA WINNOWING UNTUK.” Techno.Com 15(4).
Published
2019-12-08
How to Cite
WIJAYANTI, Sherina; ZAHRA, Alifarose Syahda. Upaya Produktivitas Karya Tulis Mahasiswa di IAIN Tulungagung sebagai Preventif Plagiasi terhadap Qualifed Kalimat Efektif. GERAM, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 97-102, dec. 2019. ISSN 2580-376X. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/geram/article/view/4179>. Date accessed: 25 jan. 2020. doi: https://doi.org/10.25299/geram.2019.vol7(2).4179.