Deeptalking dengan Guru: Pengalaman Mengajar Guru Biologi di SMA Negeri 2 Siak Hulu dan SMA Negeri 3 Siak Hulu terhadap Penggunaan Model Pembelajaran dan Bahan Ajar
Keywords:
Model Pembelajaran, Pendekatan, Bahan Ajar, Pengalaman Mengajar GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengalaman guru dalam merancang pembelajaran, khususnya terkait model pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan di kelas. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Siak Hulu dan SMA Negeri 3 Siak Hulu pada Oktober 2024. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif dan kualitatif (mix method) serta pendekatan analisis fenomenologi interpretatif (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMA Negeri 2 Siak Hulu didapat hasil lembar observasi 70% (baik), lembar pemahaman materi 47,7% (kurang memahami), dan angket kebutuhan bahan ajar e-modul 79,9% (sangat butuh) begitupun di SMA Negeri 3 Siak Hulu didapat hasil lembar observasi 70% (baik), lembar pemahaman materi 48,4% (kurang memahami), dan angket kebutuhan 81,2% (sangat butuh). Hasil wawancara mengungkapkan bahwa pengalaman guru dalam menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) sudah baik dan terstruktur, serta penggunaan model dipadukan dengan pendekata Saintifik yang sesuai dengan karakter peserta didik sehingga mampu meningkatkan keaktifan belajar serta menambah pemahaman literasi sains. Guru menganggap pengembangan e-modul dapat sangat membantu dalam proses pembelajaran di sekolah dan mandiri.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. (2022). Model Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444
Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction
Dafit, F., & Mustika, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berbasis Higher Order Thinking Skills pada Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4889–4903. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1565
Djajanegara, A. R. (2020). Teknik Analisis Data (Analisis Kualitatif Pada Hasil Kuesioner) Oleh : Asep R. Djajanegara. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Dakwah, 1–11.
Elny, S., & Diba, A. F. (2022). Pengaruh Pengalaman Mengajar Dan Kreativitas Terhadap Kinerja Guru Yayasan Perguruan Budisatrya Medan. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 11(1), 150–155.
Faizah, H., & Kamal, R. (2024). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 8(1), 466–476. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.6735
Helaluddin. (2018). Mengenal Lebih Dekat dengan Pendekatan Fenomenologi : Sebuah Penelitian Kualitatif. Journal of Research Gate, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/323600431
Juliana, E. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/jo.v3i1.3459
Mardico, A. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 54.
Mulyatno, C. B. (2022). Pengalaman Para Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Setelah Berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat. Jurnal Basicedu, 6(5), 7997–7805. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3594
Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101. https://doi.org/10.33087/jiubj.v21i1.1265
Nasution, F. H., Risnita, Jailani, M. S., & Junaidi, R. (2024). Kombinasi (Mixed-Methods) Dalam Praktis Penelitian Ilmiah. Journal Genta Mulia, 15(2), 251–256. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm
Ningrum, E. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1). https://doi.org/10.17509/gea.v9i1.1681
Oktavia, F. T., Mharani, D., & Qudsyiyah, K. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika Di Smk Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i1.685
Pandipa, A. K. H. (2019). Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Sma Negeri 1 Lore Utara. Jurnal Ilmiah Administratie, 12(1), 1–9.
Rahmad, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01
Suarim, B., & Neviyarni. (2021). Hakikat Belajar Konsep pada Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.214
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.
Vinna, Nyanasuryadi, P., & Utomo, B. (2024). Eksplorasi Kendala-Kendala Praktis : Pengalaman Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. 3(2), 852–858.
Wijayanti, R. A., & Syaputri, W. (2024). Dinamika Fenomenologi: Analisis Pengalaman Guru Dalam Konteks Pendidikan di SMP Global Madani. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 22(1), 151–161. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v22i1.14576
Yakin, I. (2024). Efek Pengalaman Mengajar Dan Pemberian Pelatihan Terhadap Kompetensi Guru Dan Dampaknya Terhadap Mutu Pembelajaran (Study Penelitian Terhadap Guru Sekolah Menengah Atas Kota Pontianak). Manajemen Business Innovation Conference, 7(2021), 477–488. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/article/view/77102