Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi

Authors

  • Restesa Rahmayumita Universitas Riau
  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2023.12758

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Tantangan, Implementasi, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tantangan dari implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran biologi. Kurikulum merdeka mulai diterapkan untuk memfasilitasi pembelajaran di sekolah berdasarkan prinsip belajar mandiri, dimana guru dan siswa memiliki kebebasan untuk merencanakan pembelajarannya. Jenis penelitian ini merupakan studi literatur/kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data bersifat sekunder karena diperoleh dari artikel jurnal, publikasi ilmiah dan sumber lainnya terkait kajian kurikulum merdeka. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menganalisis isi sumber bacaan yang relevan dan dapat memberikan pemahaman terhadap hasil temuan. Berdasarkan kajian dari beberapa penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi kurikulum merdeka berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa. Guru dan siswa dapat merancang proses pembelajarannya sesuai dengan gaya belajar dan mengajar sehingga pembelajaran lebih menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akib, E., Imran, M. E., Mahtari, S., Mahmud, M. R., Prawiyogy, A. G., Supriatna, I., & Ikhsan, M. H. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 39–57.

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-Based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649–655. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I3.378

Fajar, Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. (2022). Penguatan Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 8 Semarang. Jurnal Puruhita, 4(1), 29–34. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/puruhita

Fatihah, W. (2023). Diseminasi Modul Ajar pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Proses Pembelajaran di Kelas. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 4(1), 1–11.

Firdaus. (2020). Implementasi dan Hambatan pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Hajiriah, T. L., Mursali, S., & Dharmawibawa, I. D. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal Miskonsepsi pada Mata Pelajaran Biologi. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 97–104. https://doi.org/10.33394/bjib.v7i2.2356

Hall, D. M., Čustović, I., Sriram, R., & Chen, Q. (2022). Teaching generative construction scheduling: Proposed curriculum design and analysis of student learning for the Tri-Constraint Method. Advanced Engineering Informatics, 51. https://doi.org/10.1016/j.aei.2021.101455

Houtman, H. (2020). Merdeka Belajar dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ikhtiara, T., Jaya, A., Zahratina, H. R., Madalena, D. K., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran, 3(3), 216–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Kerman, N. T., Banihashem, S. K., & Noroozi, O. (2022). Exploring the Role of Received Peer Feedback f or Students ’ Learning Outcomes in Online Higher Education. International Conference on Studies in Education and Social Sciences, 389–397.

Khusni, M. F., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/0.15642/jkpi.2022.12.60.-71

Leny, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829

Mailin. (2021). Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Jurnal Analisa Pemikiran Insaan Cendikia, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.54583/apic.vol4.no1.59

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran Inovasi. Inovasi Kurikulum, 19(2), 251–262.

Pranoto, A. M. S. (2020). The Use of Learning Journals In Biology Learning Model Design Tools to Improve The Mastery of The Concept of Class XI Science Students SMA Negeri 1 Mejayan. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 1(2), 42–50.

Purba, S. M. T. (2022). Implementation of the Independent Learning Curriculum to Realize One Child One Curriculum. Intelektium, 3(1), 106–117. https://doi.org/10.37010/int.v3i1.690

Putri, F. D. D. K., & Kalstum, H. U. (2022). The Principal’s Leadership Role in Implementation of the Independent Curriculum in Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(4), 680–688. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i4.55897

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187.

Ratsyari, S. D., & Ghufron, A. (2021). Kesiapan Sekolah pada Implementasi Merdeka Belajar. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 10(1).

Rizki, R. A., & Fahkrunisa, L. (2022). Evaluation of Implementation of Independent Curriculum. Journal of Curriculum and Pedagogic Studies (JCPS), 1(4), 32–41. https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/jcps

Saraswati, D. A., Sandrian, D. N., Nazulfah, I., Abida, N. T., Indriyani, R., & Lestari, I. D. (2022). Analisis Kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Kota Tangerang sebagai Penerapan Pembelajaran Terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 185–191.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34–41.

Størksen, I., Rege, M., Solli, I. F., ten Braak, D., Lenes, R., & Geldhof, G. J. (2023). The playful learning curriculum: A randomized controlled trial. Early Childhood Research Quarterly, 64(July 2022), 36–46. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2023.01.015

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Susilowati, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115–132. https://doi.org/10.56436/mijose.v1i1.85

Tarigan, M. R. ., Purnama, A. ., Munir, M., & Azwar, E. (2019). Pengaruh Model Active Debate Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Proyek Univa Medan. Jurnal Biolokus, 2(1), 5.

Usman, Lestari, I. D., Rahmah, R. A., Handayani, P., Yuliasari, A., Lukmansyah, U., Aliyah, H. S., Hartati, T., & Widiya, Y. (2022). Proses Pembelajaran Biologi Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMAN 7 Tangerang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 3(2), 56–60. https://doi.org/10.51673/jips.v3i2.1044

Usman, U., Lestari, I. D., Astuti, S. H., Izanah, N., Wardani, R. A., Rahmah, A., & Purbasari, N. (2023). Analisis Hambatan Pembelajaran Biologi pada Pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 2(1), 220–231.

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185–201. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Published

2023-06-28

How to Cite

Rahmayumita, R., & Hidayati, N. (2023). Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Implementasinya pada Pembelajaran Biologi. Biology and Education Journal, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.25299/baej.2023.12758