Potensi Pengembangan Materi Modul Sains-Biologi Berbasis Scientific untuk Kelas VIII: Gambaran Umum dari Perspektif Siswa dan Guru

https://doi.org/10.25299/baej.2024.19885

Authors

  • Fitri Nurani SMPN 5 Rimba Melintang
  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau

Keywords:

Perspektif Guru dan Siswa, Bahan Ajar, Modul IPA-Biologi

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pendahuluan yang bertujuan untuk mengetahui ketersediaan modul, serta pandangan siswa dan guru terhadap bahan ajar yang digunakan selama ini di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah 100 siswa SMP dan 2 orang guru IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sudut pandang siswa secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 80,46% dengan kategori sangat baik. Sedangkan dari sudut pandang guru secara keseluruhan rata-rata persentasenya sebesar 77,07% dengan kategori baik, Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat adanya kesamaan sudut pandang terhadap siswa dan guru. Hal ini telah dibuktikan dengan penelitian yang telah dilakukan, mereka menyatakan bahwa perlu adanya pengembangan berkelanjutan terkait dengan bahan ajar yang digunakan disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, A. (2018). Upaya Menerapkan Kemampuan Guru Menerapkan Bahan Ajar di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Jurnal Educative, 3(1), 19.

Agustina, N. (2017). Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta. Paradigma, 19(1), 61–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/download/1540/1310

Ariana, D., Situmorang, R. P., & Krave, A. S. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 34. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v11i1.31381

Azizah, N. (2023). Metodologi Penelitian 1 : Deskriptif Kuantitatif. 166–178.

Brahmasari, I. A. (2019). Metodologi Penelitian. In Journal of Marketing.

Daely, B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia. Education, Jurnal, 8(2), 304–311.

Departemen, P. N. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dewi, I. S., Sunarno, W., & Dwiastuti, S. (2019). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Saintifik pada Materi Interaksi Mahluk Hidup Dengan Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smp. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 8(2), 186. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i2.37757

Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Jurnal basicedu. 4(2).

Hamidah, A. F., Patmanthara, S., & Soraya, D. U. (2020). Bahan Ajar Berbasis Webtoon Dengan Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Dasar Desain Grafis. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran (JPPP), 1(1), 1–7.

Hrpub, P., & Nelson, K. (2019). Inovasi Multimedia 4.0 dalam Pendidikan: E-Modul Ethnoconstructivism. Jurnal Universal Penelitian Pendidikan, 7(10). https://doi.org/10.13189/ ujer.2019.071007

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.

Latifah, N., Okyranida, I. Y., & Setiadi, A. (2020). Pengembangan Modul IPA Terpadu Problem-Based Learning (PBL) Dengan Tema Energi Sebagai Sumber Kehidupan SMP/MTs. Schrodinger Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 1(1), 38–43. https://doi.org/10.30998/sch.v1i1.3072

Nurbaeti, R. U. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 53–57. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1233

Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177

Panggabean, & Simanjuntak. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP [Analysis of the Role of Learning Video Media in Improving Middle School Science Learning Outcomes]. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA Indonesia (JPPIPA), 2(1), 7–12.

Putri, A. S., & Aznam, N. (2020). Web Modul Ipa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Thinking Skill. Edusains, 12(1), 47–53. https://doi.org/10.15408/es.v12i1.11034

Rahardjo, M. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Sebagai Pembentuk Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 148–159.

Rahmawati, N. S., & Bungsu. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Ma Al-Mubarok Melalui Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Geogebra Pada Materi Statistika Dasar. Journal On Education, 01(03), 386–395.

Risdianto, E., & Fitria, J. (2020). Teacher’s Perception of Thermodynamic Law Module Developed in Training through Student’s Critical Thinking Skills. Journal of Social Work and Science Education, 1(1), 78–86. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i1.19

Rosanaya, S. L., & Fitrayati, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2258–2267.

Sartika Rahma, & L. (2019). Pengembangan Modul IPA Bernuansa Spiritual Pada Materi Pencemaran Ligkungan untukSMP/MTs. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 23(4), 307. https://doi.org/10.3176/chem.geol.1974.4.04

Selviani, I. (2019). Pengembangan Modul Biologi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(2), 147–154. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i2.2032

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Sudiar, Y., Halidjah, S., & Pranata, R. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal Kalimantan Barat untuk Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 36 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 2556–2560.

Syafi’ah, R., & Laili, A. M. (2020). Pengembangan Lks Ipa Smp Kelas Vii Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Ipa Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 104–113. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.115

Tunggawardhani, D., & Susanti, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Flipbook pada Materi Pajak Penghasilan (PPH) Pasal 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4638–4650. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2995

Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1716

Viola Mecita, Relsas Yogica, Ristiono, & M. F. (2019). The Development of Handout Images and Map of Concept In Material Classification of Living Things for Student of Class VII Junior High School 23 Padang. Jurnal Atrium Pendidikan Biologi, 4(1), 8. https://doi.org/10.24036/apb.v4i1.4727

Widiastuti. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).

Published

2024-12-29

How to Cite

Nurani, F., & Hidayati, N. (2024). Potensi Pengembangan Materi Modul Sains-Biologi Berbasis Scientific untuk Kelas VIII: Gambaran Umum dari Perspektif Siswa dan Guru. Biology and Education Journal, 4(2), 129–140. https://doi.org/10.25299/baej.2024.19885

Most read articles by the same author(s)