Respon Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 34 Pekanbaru Terhadap Pengembangan Modul Berbasis Saintifik 5M Dilengkapi Mind Mapping pada Materi Sistem Pencernaan Manusia

Authors

  • Fitri Nurani Universitas Islam Riau
  • Nurkhairo Hidayati Universitas Islam Riau

Keywords:

student response, modul, Scientific Based Mind Mapping, Human Digestive System

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon peserta didik di SMP Negeri 34 Pekanbaru terhadap pengembangan modul berbasis saintifik 5 M dilengkapi mind mapping pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan metode survey. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Data hasil penelitian ini diperoleh dari lembar angket respon peserta didik, yang terdiri dari 30 butir pernyataan mencangkup 4 aspek yaitu: tampilan, bahasa, materi, dan manfaat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon dari peserta didik sebesar 89,69% memiliki kategori sangat baik. Rincian persentase untuk masing-masing aspek penilaian yaitu: aspek tampilan sebesar 90,22% dengan kategori sangat baik, aspek bahasa sebesar 86,96% dengan kategori sangat baik, aspek materi sebesar 91,26% dengan kategori sangat baik, dan aspek manfaat sebesar 90,33% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul berbasis saintifik 5M dilengkapi mind mapping pada materi sistem pencernaan manusia mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik di SMP Negeri 34 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiriani, E. H. (2017). Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan, 1(1).

Ardianti, S. D., Wanabuliandari, S., Saptono, S., & Alimah, S. (2019). Respon Siswa Dan Guru Terhadap Modul Ethno-Edutainment Di Sekolah Islam Terpadu. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 14(1), 1. https://doi.org/10.21043/edukasia.v13i2.3693

Ayu, Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan Modul Matematika Materi Aritmatika Sosial Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391–400. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.461

Gita, S. D., Annisa, M., & Nanna, W. I. (2018). Pengembangan Modul Ipa Materi Hubungan Makhluk Hidup Dan Lingkungannya Berbasis Pendekatan Kontekstual. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 28–37. https://doi.org/10.24929/lensa.v8i1.28

Hasanah, I., Melati, H. A., & Rasmawan, R. (2021). Pengembangan Modul Kimia Pendekatan Saintifik pada Materi Laju Reaksi di Madrasah Aliyah (MA). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4160–4171. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.746

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Hutagalung, O. H., Masruhim, M. A., & Lestari, S. (2020). Respon Siswa terhadap Media Pembelajaran Edmodo di SMA Negeri 2 Tenggarong Student Response to Edmodo Learning Media at SMA Negeri 2 Tenggarong. 4.

Khairiyah, U., & Faizah, S. N. (2020). Respon Siswa Terhadap Penggunaan Modul Tematik Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Elementeris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(1), 1. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.4903

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Magdalena, I., Prabandani, R. O., Rini, E. S., Fitriani, M. A., & Putri, A. A. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Malahayati, E. N., & Zunaidah, F. N. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Kurikulum. 5(6), 6218–6226.

Midroro, J. N., Prastowo, S. H. B., & Nuraini, L. (2021). Analisis Respon Siswa Sma Plus Al-Azhar Jember Terhadap Modul Fisika Digital Berbasis Articulate Storyline 3 Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 8. https://doi.org/10.19184/jpf.v10i1.23762

Nandaria, Maria, O. (2020). Respon Peserta Didik Terhadap Bahan Ajar Berstruktur Refutation Text Tentang Momentum Impuls SMA. 1–11.

Pramana, M. W. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Melalui E-Modul Berbasis Problem Based Learning. 8, 17–32.

Purnanto, M. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013. 3(2), 102–111.

Putra, H. A., Ahadi, R., Zahara, N., Technology, Q. C., & Ekskresi, S. (2022). Respon siswa terhadap modul inovatif berbasis qr code technology pada materi sistem ekskresi. 10(1), 36–39.

Setyoningrum, A. (2019). Pengembangan Pembelajaran Mandiri Melalui Pendampingan Modul Berbasis Hots Untuk Meningkatkan Grit Dan Kemampuan Koneksi Matematis.

Ulandari, F. S., Wahyuni, S., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Saintifik Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Gerak Harmonis Di Sman Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 15. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7220

Wahyu, P., Putra, B., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. 26(1), 175–185.

Wahyuningtyas, R., & Trisnawati, N. (2021). Desain Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik pada Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana Kelas XI SMKN Ngraho Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 376–388. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p376-388

Widiya, M., Lokaria, E., & Sepriyaningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3314–3320. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1281

Yati, W., & Amini, R. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Turnamen Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 158–167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.335

Zulaiha, F., & Kusuma, D. (2020). Pengembangan Modul Berbasis STEM untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 246–255. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2182

Published

2023-12-30

How to Cite

Nurani, F., & Hidayati, N. (2023). Respon Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 34 Pekanbaru Terhadap Pengembangan Modul Berbasis Saintifik 5M Dilengkapi Mind Mapping pada Materi Sistem Pencernaan Manusia. Biology and Education Journal, 3(2). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/12909

Issue

Section

Articles