Hubungan Minat dan Cara Belajardengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018
Keywords:
minat, cara belajar, hasil belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 171 siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata seluruh sub indikator minat pada akademik tinggi sebesar 62,94%, akademik sedang sebesar 62,20%, akademik rendah 46,30.% (2) rata-rata seluruh sub indikator cara belajar pada akademik tinggi sebesar 68,15%, akademik sedang sebesar 67,25%, akademik rendah 57,92.% (3) hasil belajar siswa akademik tinggi 26,31%, akademik sedang 52,63%, akademik rendah 21,05%. Untuk simpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik tinggi dengan nilai koefisien korelasi rx1x2y sebesar 0,450 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik sedang dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,314 (3) terdapat hubungan yang signifikan antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik rendah dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,418. Untuk nilai uji signifikan didapatkan bahwa pada akademik tinggi,minat (X1),cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3,30)> tabel (2,02). Pada akademik sedang, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,93)> tabel (1,98). Pada akademik rendah, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3.01)> tabel (2,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.
Downloads
References
Djamarah & Syaiful B. 2011. Psikologi Belajar Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali PersHariyadi. 2009. Statistika Pendidikan Panduan Lengkap dari Design sampai Analisis Statistika Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Guru Pemula. Bandung : Alfabeta
Riduwan &Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta
Riduwan 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta
Rohmawati, E.D &Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi BelajarAkutansi SiswaKelas XI IPS SMA 2 Bantul. JurnalPendidikanAkutansi. (Vol: X, No.2). Hlm.155-171.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali Pers: Jakarta
Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka
Slameto. 2013.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Revisi. Jakarta: Rineka
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudijono. A 2013. Pengantar Statistik Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Sugiyono 2015 Statistika Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Tirtarahardja, U & La Sulo. 2013. PengantarPendidikan. Jakarta: PT RinekaCipta.