Hubungan Minat dan Cara Belajardengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • Puja Pangestu Universitas Islam Riau
  • Suryanti Universitas Islam Riau
  • Mellisa Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2021.14401

Keywords:

minat, cara belajar, hasil belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2018. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 171 siswa dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) rata-rata seluruh sub indikator minat pada akademik tinggi sebesar 62,94%, akademik sedang sebesar 62,20%, akademik rendah 46,30.% (2) rata-rata seluruh sub indikator cara belajar pada akademik tinggi sebesar 68,15%, akademik sedang sebesar 67,25%,  akademik rendah 57,92.% (3) hasil belajar siswa akademik tinggi 26,31%, akademik sedang 52,63%, akademik rendah 21,05%. Untuk simpulan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan  antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y) pada akademik tinggi dengan nilai koefisien korelasi rx1x2y sebesar 0,450 (2) terdapat hubungan yang signifikan  antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y)  pada akademik sedang dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,314 (3) terdapat hubungan yang signifikan  antara minat (X1), dan cara belajar (X2),dengan hasil belajar IPA (Y)  pada akademik rendah dengan nilai koefisien korelasi rx1xy sebesar 0,418. Untuk nilai uji signifikan didapatkan bahwa pada akademik tinggi,minat (X1),cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3,30)> tabel (2,02). Pada akademik sedang, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (2,93)> tabel (1,98). Pada akademik rendah, minat (X1), cara belajar (X2) dengan hasil belajar (Y) thitung (3.01)> tabel (2,01). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat dan cara belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP  Negeri se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah & Syaiful B. 2011. Psikologi Belajar Revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Muhibbin, S. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Rajawali PersHariyadi. 2009. Statistika Pendidikan Panduan Lengkap dari Design sampai Analisis Statistika Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka Raya

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Riduwan. 2011. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Guru Pemula. Bandung : Alfabeta

Riduwan &Sunarto. 2013. Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta

Riduwan 2015. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Rohmawati, E.D &Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi BelajarAkutansi SiswaKelas XI IPS SMA 2 Bantul. JurnalPendidikanAkutansi. (Vol: X, No.2). Hlm.155-171.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Rajawali Pers: Jakarta

Slameto. 2010.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka

Slameto. 2013.Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya Revisi. Jakarta: Rineka

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sudijono. A 2013. Pengantar Statistik Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Sugiyono 2015 Statistika Untuk Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tirtarahardja, U & La Sulo. 2013. PengantarPendidikan. Jakarta: PT RinekaCipta.

Published

2021-10-12

How to Cite

Pangestu, P., Suryanti, & Mellisa. (2021). Hubungan Minat dan Cara Belajardengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018. Biology and Education Journal, 14–24. https://doi.org/10.25299/baej.2021.14401

Issue

Section

Articles