MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN EDUKATIF PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DISEKOLAH MENENGAH ATAS (PERSPEKTIF GURU PADA PENGGUNAAN MEDIA)

(Interactive and Educative Learning Media in English Language Teaching at Senior High School (Teachers’ Perspectives in Using the Media)

  • Sitti Hadijah
  • Marhamah Marhamah
  • Shalawati Shalawati
Keywords: media pembelajaran, bahasa Inggris, perspektif, guru

Abstract

Penelitian ini diajukan untuk memperoleh informasi terkait dengan penggunaan media pada pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas, serta untuk mengetahui jenis media yang digunakan untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang edukatif dan interaktif pada konteks pembelajaran Bahasa Inggris berdasarkan berdasarkan perpektif guru bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian dekriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan data-data yang telah dikumpulkan secara kualitatif melalui lembar kuesioner yang diberikan sekolompok guru-guru bahasa Inggris yang telah memiliki pengalaman mengajar bahasa Inggris selama 1-5 tahun di tingkat Sekolah Menengah Atas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran yang diintegrasikan dengan teknologi sudah diterapkan oleh para guru, seperti menggunakan powerpoint slides, internet, komputer/laptop, film, permainan virtual dan tradisional. Selain itu, para guru mengemukakan bahwa media yang dipresentasikan untuk mendukung proses pembelajaran bahasa Inggris sangat mendukung meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris peserta didik. Namun, para guru perlu untuk menggunakan bergam media pembelajaran yang terkait dengan perkembangan teknologi saat ini sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif dan bermakna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-27

Most read articles by the same author(s)