PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru)

Authors

  • ZURAIDA ZURAIDA

Keywords:

Menulis, Teks Berita, Metode investigasi kelompok, PTK.

Abstract

Penelitian yang berjudul “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita dengan
Metode Investigasi Kelompok (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa kelas 12 MIPA
3 SMA Negeri 2 Pekanbaru Tahun Ajaran 2015- 2016)” dilatarbelakangi oleh
masalah yang dialami siswa kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru dalam
menulis sebuah teks berita, seperti menuangkan gagasan, mengembangkan gagasan,
penggunaan diksi, dan tata tulis. Oleh sebab itu, peneliti menggunakan metode
pembelajaran investigasi kelompok untuk mengatasi permasalahan tersebut
sehingga hasil pembelajaran siswa dapat mengalami peningkatan. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, dan hasil pembelajaran menulis teks berita dengan metode investigasi
kelompok pada siswa kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
berfungsi untuk mendeskripsikan secara objektif permasalahan pembelajaran di
kelas yang menyangkut perbaikan, peningkatan, dan pengelolaan kelas. Hasil dari
penelitian ini, yaitu dalam perencanaan pembelajaran terdapat beberapa komponen
yang harus diperhatikan, seperti menentukan waktu pelaksanaan penelitian,
menentukan topik yang akan diinvestigasi setiap siklusnya, menyusun RPP,
menyiapkan media pembelajaran, dan menyusun alat evaluasi. Kemudian pada
pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, dapat
disimpulkan bahwa menulis teks berita dengan metode investigasi kelompok pada
siswa kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru dapat membangkitkan minat serta
semangat siswa dalam belajar menulis teks berita. Hal ini dibuktikan oleh hasil
penilaian ketiga pengamat yang mengamati aktivitas di kelas selama PBM. Selain
itu, pada hasil pembelajaran siswamengalami peningkatan pada setiap siklusnya,
terbukti dari peningkatan nilai rata-rata siswa. Pada siklus 1 nilai rata-rata siswa
adalah 55,6, pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 85,7. Melihat
hasil yang ditemukan pada penelitian ini, penggunaan metode investigasi kelompok
dalam menulis teks berita dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas
12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2017-09-23

How to Cite

ZURAIDA, Z. (2017). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas 12 MIPA 3 SMA Negeri 2 Pekanbaru). Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 7(14), 98–107. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Perspektif/article/view/286