Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru
Keywords:
Pendekatan, Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil BelajarAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru atau tidak terdapat pengaruh. Jenis penelitian adalah Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi keterlaksanaan dan dokumentasi. Untuk hasil penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat ( . Pada hasil uji normalitas, diperoleh bahwa kelas eksperimen berdistribusi tidak normal dan kelas kontrol berdistribusi normal. Uji non-parametris diperlukan karena salah satu sampel tidak berdistribusi normal. Uji non-parametris menggunakan uji U Mann-Whitney. Pada hasil uji U Mann Whitney dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh zhitung = -0,41 dengan ztabel = 0,18. Hasil uji U Mann Whitney menunjukkan bahwa zhitung tidak berada pada wilayah penerimaan H0 yaitu -ztabel (-0,18) ≤ zhitung ≤ ztabel (0,18), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji normalitas dan uji U Mann Whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru.