Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru

  • M. Saleh Pekanbaru
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru atau tidak terdapat pengaruh. Jenis penelitian adalah Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi keterlaksanaan dan dokumentasi. Untuk hasil penelitian, terlebih dahulu dilakukan  uji normalitas. Uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat ( . Pada hasil uji normalitas, diperoleh bahwa kelas eksperimen berdistribusi tidak normal dan kelas kontrol berdistribusi normal. Uji non-parametris diperlukan karena salah satu sampel tidak berdistribusi normal. Uji non-parametris menggunakan uji U Mann-Whitney. Pada hasil uji U Mann Whitney dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh zhitung = -0,41 dengan ztabel = 0,18. Hasil uji U Mann Whitney menunjukkan bahwa zhitung tidak berada pada wilayah penerimaan H0 yaitu  -ztabel (-0,18) ≤ zhitung  ≤ ztabel (0,18), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji normalitas dan uji U Mann Whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru.

Published
2019-09-19
How to Cite
SALEH, M.; EFFENDI, Leo Adhar; WAHYUNI, Putri. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 99-106, sep. 2019. ISSN 2621-1270. Available at: <https://journal.uir.ac.id/index.php/AKS/article/view/2605>. Date accessed: 22 jan. 2020.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.