Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru

  • M. Saleh Pekanbaru
  • Leo Adhar Effendi Universitas Islam Riau
  • Putri Wahyuni Universitas Islam Riau
Keywords: Pendekatan, Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru atau tidak terdapat pengaruh. Jenis penelitian adalah Eksperimen Semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII8 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu tes, lembar observasi keterlaksanaan dan dokumentasi. Untuk hasil penelitian, terlebih dahulu dilakukan  uji normalitas. Uji normalitas menggunakan Chi-Kuadrat ( . Pada hasil uji normalitas, diperoleh bahwa kelas eksperimen berdistribusi tidak normal dan kelas kontrol berdistribusi normal. Uji non-parametris diperlukan karena salah satu sampel tidak berdistribusi normal. Uji non-parametris menggunakan uji U Mann-Whitney. Pada hasil uji U Mann Whitney dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh zhitung = -0,41 dengan ztabel = 0,18. Hasil uji U Mann Whitney menunjukkan bahwa zhitung tidak berada pada wilayah penerimaan H0 yaitu  -ztabel (-0,18) ≤ zhitung  ≤ ztabel (0,18), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dari hasil uji normalitas dan uji U Mann Whitney dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMPN 10 Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-19
Section
Articles
Abstract viewed = 15 times
pdf downloaded = 18 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>