Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang

  • Novi Yulia Suriati Universitas Islam Riau
  • Alzaber - UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Putri Wahyuni UNIVERSITAS ISLAM RIAU
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Course Review Horey (CRH), Hasil Belajar Matematika, PTK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IX.4 SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horey (CRH) pada materi bilangan berpangkat dan bantuk akar di SMPS YPPI Perawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2018 sampai 29 Agustus 2018 dengan subjek penelitian siswa kelas IX SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang sebanyak 32 orang, dimana terdiri dari 14 orang siswa laki – laki dan 18 orang siswa perempuan dengan kemampuan heterogen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Observasi yang berguna untuk mengumpulkan data tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Teknik Tes yang berguna untuk mengumpulkan data tentang hasil belajar matematika siswa. Hasil pengamatan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas IX.4 SMP Swasta Yayasan Pendidikan Persada Indah Perawang. Hal ini terlihat dari presentase skor dasar yakni 37,5%  meningkat pada siklus I menjadi 40,6% dan meningkat pada siklus II menjadi 43,7%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horey (CRH) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMPS YPPI Perawang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-21
Section
Articles
Abstract viewed = 229 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)