Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada Materi Barisan & Deret Kelas XI SMA

  • Sindy Septiawan Universitas Islam Riau
  • Abdurrahman Abdurrahman Universitas Islam Riau

Abstract

Pengembangan pada penelitian ini merupakan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional, sehingga tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran yang teruji kelayakannya berupa media yang sudah valid dan praktis. Penelitian ini mengacu kepada penelitian pengembangan dengan instrument pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon siswa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis validasi media pembelajaran dan analisis kepraktisan media pembelajaran. Data yang digunakan untuk menilai validitas media pembelajaran diperoleh melalui lembar validasi dengan skala Likert sedangkan data yang digunakan untuk menilai kepraktisan media pembelajaran diperoleh melalui angket respon guru dan angket respon siswa. Fase potensi dan masalah, peneliti melakukan wawancara dan observasi, lalu mengumpulkan data yang ada pada potensi dan masalah. Kemudian peneliti melakukan desain produk media yang akan dikembangkan dengan bantuan aplikasi Adobe Flash CS6 Profesional. Hasil analisis rata-rata validasi media pembelajaran yaitu sebesar 92,15%  yang termasuk ke dalam kategori sangat valid, sedangkan hasil analisis rata-rata kepraktisan media pembelajaran yaitu sebesar 92,66% yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 Profesional pada materi barisan dan deret kelas XI SMA dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang teruji kelayakannya berupa media yang sudah valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-17
Section
Articles
Abstract viewed = 590 times
pdf downloaded = 584 times

Most read articles by the same author(s)