Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMPN 34 Pekanbaru

  • NOVITA ANGGRAINI FKIP MATEMATIKA
  • Alzaber - UNIVERSITAS ISLAM RIAU
  • Leo Adhar Effendi UNIVERSITAS ISLAM RIAU
Keywords: Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika, PTK

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Kubus dan Balok melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru yang berjumlah 40 siswa. Jenis penelitian ini adala Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama belajar dan kuantitatif diperoleh dari hasil ulangan harian (UH) siswa. Berdasarkan analisis ketercapaian KKM, menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada siklus I adalah 57,5% (23 siswa)  dengan rarta-rata 76,55 dan pada siklus II adalah 75% (30 siswa) dengan rata-rata 83,77 yang mana pada skor dasar hanya 45% (18 siswa) dengan rata-rata 71,97. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018.

NPM : 136411411

 

Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Islam Riau.

Pembimbing Utama : Drs. Alzaber, M.Si

Pembimbing Pendamping : Leo Adhar Effendi, M.Pd

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru semester genap tahun pelajaran 2017/2018 pada materi Kubus dan Balok melalui penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama belajar dan kuantitatif diperoleh dari hasil ulangan harian (UH) siswa. Berdasarkan analisis ketercapaian KKM, menunjukkan bahwa presentase ketuntasan pada siklus I 57,5% (23 siswa)  dengan rarta-rata 76,55 dan pada siklus II 75% (30 siswa) dengan rata-rata 83,77 yang mana pada skor dasar hanya 45% (18 siswa) dengan rata-rata 71,97. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem based learning) dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa siswa kelas VIII2 SMP Negeri 34 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci :  Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning), Hasil Belajar Matematika, PTK

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-21
Section
Articles
Abstract viewed = 245 times
PDF downloaded = 0 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>