PENGARUH PENGGUNAAN BSI MOBILE TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BSI CABANG JENGGOLO

Authors

  • Dinda Ayu Agustina Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Diah Krisnaningsih Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(1).13052

Keywords:

BSI Mobile, Kualitas Pelayanan, Fitur Produk, Kepuasan Nasabah

Abstract

Salah satu bidang kehidupan yang sangat terpengaruh oleh kemajuan teknologi adalah sektor perbankan. Memanfaatkan kemajuan teknologi, bank meningkatkan layanan dengan membedakan diri dari saingan mereka dalam hal layanan dan faktor produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik fungsi aplikasi BSI Mobile dari segi fitur, layanan, dan kepuasaan nasabah. Permasalahan yang terjadi karena adanya keluhan dari nasabah tentang jaringan yang dianggap kurang user friendly terkadang terjadi error. Masalah tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan model yang terdiri dari kualitas layanan, kualitas fitur, dan kualitas kepuasan nasabah. Data yang akan diteliti seluruh nasabah pengguna BSI Mobile. Program SPSS digunakan untuk penanganan data dalam penelitian ini. Dengan 100 responden dari cabang Jenggolo sebagai sampel, regresi linier berganda digunakan sebagai metode analisis utama dalam penelitian kuantitatif ini. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kepuasan nasabah pada BSI Mobile cabang Jenggolo sangat dipengaruhi oleh kualitas layanan dan fitur produk perusahaan dengan nilai signifikansi 0,000.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Diana. 2021. Pengaruh Persepsi Nasabah, Kepercayaan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Terhadap Penggunaan Mobile Banking. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Malang.

Andrayani, Kristi Fiki., & Solekah, Nihayatu Aslamatis. 2021. Determinasi Kepuasan Nasabah Elektronik Mobile Banking Bank Syariah Indonesia (Pendekatan E-Service Quality). The 2nd Widyagama National Conference On Economics and Business (WNCEB), p. 404-413.

Fitria, Annisa., Munawar, Aang., & Pratama, Pebi Paisal. 2021. Pengaruh Penggunaan Internet Banking, Mobile Banking Dan SMS Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank BNI. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), p. 43–52.

Fransiska, Dita. 2021. Analisis Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Fitur BRIS Online Pada BSI Kantor Cabang Kediri. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Hernandez, Axel., & David, Felix. 2022. Pengaruh Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Transaksi Sehari-hari. Jurnal Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 01(01), p. 17–32.

Imamah, Nur., & Safira, Dinda Ayu. 2021. Pengaruh Mobile Banking Terhadap Profitabilitas Bank Di Bursa Efek Indonesia. Profit : Jurnal Administrasi Bisnis, 15(1), p. 95-103.

Ismail, Harries Arizonia., & Purwani, Tri. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Mobile Banking. Indicators : Journal of Economics and Business, 3(2), p. 151-157.

Maika, M. Ruslianor., & Latifah, Fitri Nur. 2017. Exploring Selling Feature Vs Selling Value Toward Saving At Sharia Bank. Proceeding of the 1st International Conference on Intelectuals’ Global Responsibility.

Nasution, Halimah., & Habra, Mhd. Dani. 2022. Tingkat Kepuasan Nasabah Dalam Penggunaan BSI Mobile (Studi Kasus di Bank Syariah Indonesia KCP Medan Kampung Baru). Jurnal Penelitian Ekonomi Manajemen (JURPEM), 2(1), p. 42–46.

Parasuraman, A., & Grewal, Dhruv. 2000. The Impact of Technology on the Quality-Value-Loyalty Chain: A Research Agenda. Journal of the Academy of Marketing Science, 28, p. 168-170.

Pranantha, Elsandro Yoga. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Fitur Produk BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kabupaten Sleman. Skripsi, Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Setiawan, Heri. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 20(3), p. 518–528.

Suhayati, Yoannisa Fitrian., Maulina, Azri Nur., & Adji, Widwi Handari. 2022. Pengaruh Pemahaman Bertransaksi Menggunakan Webform BSI Dan BSI Mobile Terhadap Kepuasan Nasabah. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 4(6), p 1681–1695.

Wardani, Deni. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Persepsi Nilai dan kepercayaan terhadap Kepuasan dan Loyalitaspengguna Layanan Mobile Banking. Jurnal Sistem Informasi Bisnis (JUNSIBI), 2(1), p. 15–32.

Downloads

Published

2023-06-13