STRATEGI UNIT USAHA SYARIAH BANK UMUM KONVENSIONAL DALAM MENGHADAPI SPIN OFF 2023 (STUDI PADA PT. BPD RIAU DAN KEPULAUAN RIAU

Authors

  • Yessi Nesneri Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Suska Riau
  • Fitri Hidayati Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Suska Riau
  • Ulfiah Novita Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negeri Suska Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(2).5939

Keywords:

Spin Off, Unit Usaha Syariah, Bank Syariah

Abstract

Pemisahan (spin off) Unit Usaha Syariah (UUS) milik Bank Umum Konvensional merupakan salah satu usaha yang dilakukan pemerintah untuk mempercepat pertumbuhan pangsa pasar Perbankan Syariah di Indonesia seiring dengan usaha pemenuhan hak bagi mayoritas muslim di Indonesia yang menginginkan adanya fasilitas keuangan yang sesuai dengan kepercayaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Unit Usaha Syariah PT. BPD Riau dan Kepulauan Riau dalam menghadapi kewajiban pelaksanaan spin off  maksimal tahun 2023. Penelitian ini bersifat gagasan deskriptif yang dilakukan dengan kegiatan investigasi teoritis (literature review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Unit Usaha Syariah PT. BPD Riau dan Kepulauan Riau Sebelumnya sudah melakukan Proses spin off yang dimulai dari tahapan persiapan spin off, aspek bisnis, aspek keuangan, aspek organisasi dan Sumber Daya Insani (SDI), Aspek teknologi dan informasi, serta aspek legal dan perizinan. Akan tetapi berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada tanggal 22 April 2019 di ketahui bahwa Unit Usaha Syariah PT. BPD Riau dan Kepulauan Riau tidak bisa terpisahkan secara prinsip  dengan Bank Induknya, karena PT. BPD Riau dan Kepulauan Riau memilih untuk melakukan konversi menjadi Bank Umum Syariah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Perwataatmadja, Karnaen dan Syafi’i Antonio. 1992. Apa dan Bagaimana Bank Syariah. Dana Bhakti Wakaf. Yogyakarta.
Dahlan, Siamat. 2004. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Keempat. Lembaga Penerbit Fakultas Universitas Indonesia. Jakarta.
Indra, Suhendra & Edwin, Ronaldo. 2017. Pengaruh Intermediasi Perbankan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Tirtayasa Ekonomika, 12(1), 169-195.
Ningsih, Mardhiyatur Rosita & Mahfudz, Muhammad Syarqim. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Manajemen Industri Perbankan Syariah: Analisis Komparatif, POINT, 2(1), 1-10.
Rongiyati, Sulasi. 2015. Pengembangan Perbankan Syariah Melalui Pelaksanaan Kewajiban Pemisahan Unit Usaha Syariah. NEGARA HUKUM, 6(1), 65-78.
Sudarsono, Heri. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syari’ah Deskripsi dan Ilustrasi. Ekonisia. Yogyakarta.
Tohirin, Achmad. 2003. Implementasi Perbankan Islam : Pengaruh Sosio Ekonomis dan peranannya dalam pembangunan. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 8(1), 73-88.

Downloads

Published

2020-11-01