PELAYANAN BANK SYARIAH SERTA PENGARUHNYA TERHADAP MINAT MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM UIN SUSKA RIAU)

Authors

  • Rozi Andrini Fakultas Syariah dan Hukum, Unversitas Islam Negeri SUSKA RIAU

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2020.vol3(1).5113

Keywords:

Pelayanan, Minat, Bank Syariah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan bank syariah serta pengaruhnya terhadap minat mahasiswa (studi pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau). Kajian ini penting untuk melihat pelayanan Bank BRI Syariah dan pengaruh pelayanan terhadap minat menggunakan jasa Bank BRI Syariah pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket, observasi dan riset kepustakaan. Sedangkan metode analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Jumlah sampel sebesar 352 nasabah dengan menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang baik sudah dilakukan oleh BRI Syariah dan disambut dengan reaksi positif oleh nasabah. Serta menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh positif terhadap minat menggunakan jasa Bank BRI Syariah pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abu, Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Rineka Cipta. Jakarta.
Chotimah, Chusnul. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan Lokasi terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah di Surakarta. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Djatsidi, Indra. 2010. Menuju Masyarakat Belajar. Paramadina. Jakarta.
Hadinoto, Siti Rahayu. 1998. Psikologi Perkembangan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.
Kasmir. 2005. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks. Jakarta.
Mappiare, Andi. 1997. Psikologi Remaja. Usaha Nasional. Surabaya.
Muflih, Muhammad. 2006. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ilmu Ekonomi Islam. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Mujahidin, Akhmad. 2010. Ekonomi Islam 2. Al-Mujtahadah. Riau.
Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Rodoni, Ahmad & Hamid, Abdul. 2008. Lembaga Keuangan Syariah. Zikrul Hakim. Jakarta.
Soemitra, Andri. 2009. Bank & Lembaga Keuangan Syariah. Kencana. Jakarta.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya. Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2005. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Yogyakarta.
Zeithaml. dkk. 2010. Service Marketing. Mc. Graw Hill Inc. Int’l Edition. New York.

Downloads

Published

2020-05-01