ANALISIS PENERAPAN MANAJEMEN RESIKO DALAM PENGELOLAAN PEMBIAYAAN MURABAHAH DI PT. BPRS PUDUARTA INSANI

Authors

  • Putri Masrifah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Annio Indah Lestari Nasution Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nurwani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2023.vol6(2).14876

Keywords:

Penerapan, Manajemen Resiko, Pembiayaan Murabahah

Abstract

Kemungkinan terjadinya suatu peristiwa yang dapat mengakibatkan kerugian bank dikenal sebagai resiko. Pada dasarnya, semua kegiatan operasional bank mengandung resiko. Mengejar potensi yang terbuka dapat mendorong terjadinya kecelakaan bagi bank sementara mungkin tidak dikenali dan diperiksa dengan tepat. Oleh karena itu, bank harus memahami resiko yang muncul dalam mengarahkan bisnis mereka. Titik fokus dari eksplorasi ini adalah cara eksekusi pertaruhan pendukung para eksekutif dalam pemberian pembiayaan murabahah di PT. BPRS Puduarta Insani. Eksplorasi ini menggunakan strategi subjektif. Eksplorasi ini menggunakan informasi yang bersifat esensial (pokok) dan informasi yang bersifat tambahan (pendukung). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supporting gamble para eksekutif di PT. BPRS Puduarta Insani sangat baik. Pelaksanaan supporting gamble para eksekutif membawa PT. BPRS Puduarta Insani pada sistem pendanaan dengan pedoman yang telah ditetapkan. Dengan pencapaian yang baik dalam menjalankan resiko dewan, PT. BPRS Puduarta Insani melengkapi cara yang paling umum dalam menjalankan resiko dewan, ada empat siklus dalam menjalankan resiko dewan yang dilakukan oleh PT. BPRS Puduarta Insani, lebih spesifiknya adalah pembuktian pembedaan resiko, estimasi resiko, pengamatan resiko, dan pengendalian resiko. Selanjutnya, penyelesaian masalah pembiayaan murabahah dilakukan dengan ide 3R, yaitu: rescheduling, reconditioning, rebuilding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizi, Adelia., & Yanti, Nursantri. 2023. Penerapan Pembiayaan Murabahah Pada PT. BPRS Puduarta Insani. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 3(2), p. 3825-3833.

Aditya, Oka., & Naomi, Prima. 2017. Penerapan manajemen Resiko Perusahaan Dan Nilai Perusahaan Di Sektor Konstruksi Dan Properti. Esensi: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(2), p. 167-180.

Desda, Mia Muchia., & Yurasti. 2019. Analisis Penerapan Manajemen Risiko Kredit Dalam Meminimalisir Kredit Bermasalah Pada PT. BPR Swadaya Anak Nagari Bandarejo Simpang Empat Periode 2013-2018. MBIA, 18(1), p. 94-106.

Hanafi, Mamduh M. 2014. Resiko, Proses Manajemen Resiko, dan Enterprise Risk Management. Modul Pembelajaran. Universitas Terbuka.

Jureid. 2016. Manajemen Risiko Bank Islam (Penanganan Pembiayaan Bermasalah Dalam Produk Pembiayaan Pada PT. Bank Muamalat Cabang Pembantu Panyabungan). Journal Analytica Islamica, 5(1), p. 81–107.

Marbun, Tuti Damayanti., & Jannah, Nurul. 2022. Strategi Manajemen Resiko dalam Upaya Mengatasi Pembiayaan Murabahah Bermasalah pada PT. BPRS Puduarta Insani Cabang UINSU. SAUJANA: Jurnal Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah, 04(01), p. 71–89.

Misra, Isra., Hakim, Sofyan., & Pramana, Agus. 2020. Manajemen Resiko: Pendekatan Bisnis Ekonomi Syariah. K-Media. Yogyakarta.

Mulyati, Etty. 2018. Penerapan Manajemen Resiko Sebagai Prinsip Kehati-Hatian Dalam Pemberian Kredit Perbankan. Supremasi : Jurnal Hukum, 1(1), p. 34-48.

Nengsih, Ifelda. 2022. Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pada Pembiayaan Murabahah Di Bank Nagari Syariah Cabang Batusangkar. Jurnal Manajemen Dan Profesional, 3(1), p. 13–24.

Pradana, Yana Ayu., & Rikumahu, Brady. 2014. Penerapan Manajemen Resiko terhadap Perwujudan Good Corporate Governance pada Perusahaan Asuransi. Trikonomika 13(2), p. 195-204.

Tanjung, Sri Devita. 2020. Analisis Sistem Pengendalian Internal Atas Penyaluran Pembiayaan Murabahah Pada BPRS Puduarta Insani Tembung. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Siregar, Halimah. 2017. Analisis Strategi Mitigasi Risiko Pembiayaan Murabahah Pada PT. BPRS Puduarta Insani Tembung. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Wandasari, Sofia. 2019. Analisis Penerapan Manajemen Risiko Pembiayaan Dalam Pengelolaan Pembiayaan dan Modal Kerja Pada PT. Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Yahya, Mhd., Nasution, Dina Aulia., & Nasution, Annio Indah Lestari. 2022. Manajemen Resiko Gadai Emas Pada UPS PT. Pegadaian Syariah Panyabungan Kota. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(2), p. 369-380.

Yudha, Syuhada Fela., Soemitra, Andri., & Nawawi, Zuhrinal M. 2023. Manajemen Resiko Bank Wakaf. Jurnal EMT KITA, 7(2), p. 362–372.

Yulianti, Rahmani Timorita. 2009. Manajemen Resiko Perbankan Syari’ah. La_Riba, 3(2), p. 151–165.

Zulfa, Moch. Solachuddin. 2014. Dalam Operasional Pembiayaan Murabahah Di BMT Amanah. Iqtishadia, 7(1), p. 157–178.

Downloads

Published

2023-11-30