PENGARUH MERGER, RELIGIUSITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SWITCHING BEHAVIOR NASABAH DILUAR PENGGUNA BANK SYARIAH INDONESIA DI KOTA LANGSA

Authors

  • Debi Chairani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Zefri Maulana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa
  • Tajul 'Ula Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Langsa

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(2).18033

Keywords:

Merger, Religiusitas, Kualitas Pelayanan

Abstract

Permasalahan yang terjadi terkait dengan Bank Syariah Indonesia dimana adanya merger dari 3 Bank Syariah belum mampu membuat seluruh masyarakat Kota Langsa beralih menggunakan BSI, hal tersebut dikarenakan BSI masih sering terjadi kendala-kendala yang membuat masyarakat masih bingung untuk menggunakan BSI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel merger, religiusitas dan kualitas pelayanan terhadap switching behavior nasabah diluar pengguna BSI Kota Langsa. Responden dalam penelitian ini adalah 100 masyarakat yang bukan nasabah dari BSI. Hasil penelitian menunjukkan merger yang dilakukan BSI bertujuan untuk memperkuat permodalan sehingga nasabah merasa percaya terhadap Bank Syariah Indonesia. Religiusitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap switching behavior nasabah diluar BSI. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap switching behavior nasabah diluar BSI, artinya BSI telah memberikan pelayanan terbaik dengan mempekerjakan karyawan-karyawan yang memiliki skill dan kemampuan dalam melayani masayarakat sehingga terjadilah switching behavior dari nasabah yang berada di luar BSI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Ma'ruf. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif. Aswaja Pressindo. Yogyakarta.

Afrida, Yenti., Rahim, Ridha., & Wira, Ahmad. 2020. Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas Dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah (Proses Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Syariah). Baqdis : Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 5(2), p. 147-158.

Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Anggraini, Tuti., Nasution, Yenni Samri J., & Sugianto. 2019. Lembaga Keuangan Syariah dan Dinamika Sosial. FEBI UIN-SU Press. Medan.

Ansori, Muslich., Iswati, Sri. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif. Airlangga University Press. Surabaya.

Aziz, Andi. 2023. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah terhadap Switching Intention pada Nasabah Bank Syariah Indonesia. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Azwar, Saifuddin. 2017. Metode Penelitian. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Cahyani, Maya Septi., & Budiyah, Feriani. 2023. Pengaruh Merger dan Religiusitas terhadap Perilaku Berpindah (Switching Behaviour) Nasabah BSI. SALAM : Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 6(6), p. 1879-1894.

Hakim, Atang Abdul. 2019. Fiqih Perbankan Syariah. PT. Refika Aditama. Bandung.

Hardani. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitaif. CV. Pustaka Ilmu Group. Yogyakarta.

Ismail. 2021. Perbankan Syariah. Pramedika Group. Jakarta.

Pamungkas, Ariska Putri. 2023. Pengaruh Islamic E-Service Quality Dan Sikap Religiusitas Terhadap Switching Behavior Pada Nasabah PT. Bank Syariah Indonesia. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Pertiwi, Hanna., Brawijaya, Andri., & Al Asyary, Agung. 2021. Analisis Pengaruh Merger Bank Syariah Indonesia (BSI) terhadap Switching Behavior Nasabah diluar Pengguna BSI. Jurnal Nisbah, 7(2), p. 92-97.

Rusby, Zulkifli. 2017. Manajemen Perbankan Syariah. Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR. Riau.

Salsabila, Dewi., Mainata, Dedy., & Noni, Yovanda. 2023. Pengaruh Merger Tiga Bank Syariah Menjadi PT. Bank Syariah Indonesia Terhadap Switching Behavior Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Samarinda). INASJIF: Indonesian Scientific Journal of Islamic Finance, 2(1), p. 84-94.

Satriadi., Wanawir., Hendrayani, Eka., Siwiyanti, Leonita., & Nursaidah. 2021. Manajemen Pemasaran. Samudra Biru. Yogyakarta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Tanra, Andi Ainil Mufidah., Afdalia, Nadhira., Yuniar, Latifah Sukmawati., Abdullah, M.Ikbal., Tenripada., Kahar, Abdul., & Sastrawan, Erwan. 2020. Switching Behavior Customers of Sharia Banks in Indonesia. Proceedings of the International Conference on Strategic Issues of Economics, Business and, Education (ICoSIEBE).

Wangsadidjaja. 2019. Pembiayaan Bank Syariah. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Yahya, Rizal., Martawireja, Aji Erlangga., & Abdurahim, Ahim. 2019. Akuntansi Perbankan Syariah : Teori dan Praktek Kontemporer. Salemba Empat. Jakarta.

Zainul, Arifin. 2022. Memahami Bank Syariah. Alfabeta. Bandung.

Downloads

Published

2024-11-30