PENGARUH KOMUNIKASI, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN PROFESIONALISME TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI PERBANKAN SYARIAH

Authors

  • Sari Ramadhani Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan
  • Mutia Khairah Sihotang Program Studi Perbankan Syariah, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan

Keywords:

Komunikasi, Tingkat Pendidikan, Profesionalisme, Kualitas Pelayanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, tingkat pendidikan, dan profesionalisme terhadap kualitas pelayanan di PT. Bank Sumut Syariah Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan asosiatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 40 responden, yaitu karyawan PT. Bank Sumut Syariah Medan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi, tingkat pendidikan dan profesionalisme kerja secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas kerja karyawan PT. Bank Sumut Syariah Medan pada Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 361,619 lebih besar dari F tabel sebesar 2,63 dan mempunyai angka signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi (Adjust R Square) diketahui bahwa variabel pola komunikasi, tingkat pendidikan dan profesionalisme kerja dapat menjelaskan tingkat kualitas kerja karyawan sebesar 96,5%. Sementara sisanya (3,5%) dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kasmir. 2017. Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Lovelock, Christopher., & Wirtz, Johhen. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. Erlangga. Jakarta.

Muhammad, Arni. 2011. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Mukarom, Zaenal., & Laksana, Muhibudin Wijaya. 2019. Manajemen Pelayanan Publik. Pustaka Setia. Bandung.

Prasetyo, Bambang., & Jannah, Lina Miftahul. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dam Aplikasi. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Tirtarahardja, Umar., & Sulo, S. L. La. 2015. Pengantar Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sedarmayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia: Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. PT. Refika Aditama. Jakarta.

Wahyudi, Septia. 2020. Pengaruh Komunikasi, Tingkat Pendidikan, Dan Profesionalisme Terhadap Kualitas Pelayanan di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Pamekasan. Bisma (Jurnal Manajemen dan Administrasi Publik, 3(2), p. 1-14.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sutarjo, Adisusilo. 2014. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Pendekatan Pembelajaran Afektif. Rajawali Pers. Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2017. Pemasaran Jasa. Penerbit Banyumedia Publishing. Jakarta.

Tjiptono, Fandy., & Chandra, Gregorius. 2016. Manajemen Pelayanan Jasa. Andi Offset. Yogyakarta.

Trimulato. 2016. Urgensi Penerapan Celestial Management Bagi Sumber Daya Manusia Di Bank Syariah. Muslim Heritage, 1(1), p. 197–212.

Wibowo. 2014. Perilaku Dalam Organisasi. Rajawali Pers. Jakarta.

Wirawan, Ketut Edy., Bagia, I. Wayan., & Susila, Gede Putu Agus Jana. 2019. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), p. 60–67.

Downloads

Published

2023-11-30