PENGARUH KUALITAS PRODUK AMANAH PEGADAIAN SYARIAH PROBOLINGGO TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MEMBELI KENDARAAN BARU ATAU SECOND

Authors

  • Hosnawiyah Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Universitas Islam Zainal Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Jawa Timur
  • Abu Yazid Adnan Quthny Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Universitas Islam Zainal Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Jawa Timur
  • Cici Widya Prasetyandari Jurusan Manajemen Keuangan Syariah, Universitas Islam Zainal Hasan Genggong Kraksaan Probolinggo Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2024.vol7(1).16512

Keywords:

Kualitas Produk, Minat Masyarakat, Pembiayaan Amanah, Pegadaian Syariah

Abstract

Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas produk amanah pegadaian syariah terhadap minat masyarakat dalam membeli kendaraan baru atau second. Populasi penelitian ini adalah seluruh klien pegadaian syariah Probolinggo. Orang yang membeli produk amanah dari Juli hingga September 2023 yang berjumlah 40 responden. Sedangkan metode pemilihan sampelnya menggunakan metode sampel jenuh. Metode Penelitian ini menggunakan regresi linear yang mudah. Hasil studi menunjukkan nilai r squared 0,693. Artinya, kualitas produk amanah pegadaian syariah Probolinggo berpengaruh sebesar 69,3% terhadap keinginan masyarakat untuk membeli kendaraan baru atau second. Hasil pengujian juga mengkonfirmasi bahwa faktor kualitas produk berdampak positif dan penting untuk kepentingan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abzari, Mehdi., Ghassemi, Reza Abachian., & Vosta, Leila Nasrolahi. 2014. Analysing the Effect of Social Media on Brand Attitude and Purchase Intention: The Case of Iran Khodro Company. Journal of Social and Behavioral Sciences, 143(71), p. 822-826

Ernawati, Diah. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian produk Hi Jack Sandals Bandung. Jurnal Wawasan Manajemen, 7(1), p. 17–32.

Fajrin, Oktavia., & Muamar, Afif. 2019. Strategi Pemasaran Pembiayaan Arum Haji Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah 1 di Unit Pegadaian Syariah (UPS) Cirebon Bisnis Center. Tawazun : Journal of Sharia Economic Law, 2(2), p. 163-182.

Febrian, Feby. 2019. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Minat Beli Lembur Batik. EKONOMI INSENTIF, 13(1), p. 41-55.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

Karundeng, Nikita., Kalangi, Johny A. F., & Walangitan, Olivia. 2019. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Home Industry Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), p. 83-90.

Koni, Wiwin., & Saifullah. 2022. Analisis Strategi Pemasaran Produk Amanah dalam Upaya Menarik Minat Nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Gorontalo. Islamic Economics and Finance Journal, 1(1), p. 38–53.

Lesmana, Rosa. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah PT. Paragon Tehnology And Innovation. KOMPETITIF : Jurnal Pemasaran, 2(3), p. 59-72.

Mardiana, Rosyida Aprilya., Rusly, Fathullah., & Maulidiyah, Nailin Nikmatul. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Arrum Haji Pegadaian Cabang Probolinggo Terhadap Minat Masyarakat Untuk Mendaftar Haji. Muamalat : Jurnal Kajian Hukum Ekonomi Syariah, 15(1), p. 49-58.

Noor, Juliansyah. 2012. Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah). Kencana. Jakarta.

Ramadhan, Alfitra. 2020. Analisis Pembiayaan Produk Amanah pada Unit Pegadaian Syariah Simpang Benteng Payakumbuh. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

Rumengan, Nurjana., Soegoto, Agus S., & Tawas, Hendra N. 2023. Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dalam Meningkatkan Penjualan Produk Amanah PT. Pegadaian (Persero) Cabang Syariah Istiqlal Manado. Jurnal EMBA, 11(02), p. 546-560.

Sabaruddin, Rasfiuddin., Adawiah, Rabiah Adatul., Muldani, Veri. 2022. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Mahkota Sukses Indonesia Di Parepare). Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), p. 5926-5934.

Satria, Areif Adi. 2017. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36. PERFORMA : Jurnal Manajemen dan Strart-Up Bisnis, 2(1), p. 45-53.

Sugiyono. 2021. Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Pustaka Baru Press. Yogyakarta.

Tania, Arrahma Elian., Hemawan, Haris., & Izzuddin, Ahmad. 2022. Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen. PUBLIK : Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 11(1), p. 75-84.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Andi Offset. Jakarta.

Zuhairi. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Rajawali Press. Jakarta.

Downloads

Published

2024-03-15