Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud 2017 Terhadap Tingkat Ketertarikan Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.25299/s.v1i2.8771Keywords:
buku teks, kelayakan, bahasaAbstract
Latar belakang masalah didalam penelitian ini adalah fakta yang terjadi di dalam dunia pendidikan, masih banyak terdapat masalah yang ditemukan mengenai kasus mengenai uraian materi yang terdapat di dalam buku pendidikan. Salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk permasalahan tersebut adalah dengan cara melakukan perbaikan terhadap penyajian buku pelajaran terutama terhadap aspek kelayakan bahasa. Rumusan masalah didalam penelitian ini adalah bagaimanakah kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 terhadap tingkat ketertarikan belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 terhadap tingkat ketertarikan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melewati tahapan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa kelayakan bahasa pada buku teks Bahasa Indonesia Kelas X kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud 2017 pada aspek kesesuaian terhadap kaidah bahasa indonesia telah memenuhi standar kelayakan bahasa yang telah ditetapkan.
Downloads
References
Anisah, A., & Azizah, E. N. (2016). Pengaruh Penggunaan Buku Teks Pelajaran Dan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS (Eksperimen Kuasi Pada Kelas VII di SMP Negeri 1 Palimanan Kabupaten Cirebon). Jurnal Logika, 18(3), 1–18.
Djamarah, S. B. (2014). Startegi belajar mengajar. Rineka Cipta.
elizabeth B. Hurlock. (1991). psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Erlangga.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Rajawali Pers.
Fahmi, D., Siburian, D. A. N. B., Lestari, D. A., Rezeki, E. T., Yulis, D. W., & Mukhlis, M. (2022). Analisis Kelayakan Bahasa Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2013 Terbitan Kemendikbud. Sajak (Jurnal Penelitian dan Pengabdian: Sastra, Bahasa, dan Pendidikan), 1(1), 137-147
Hamalik, O. (2009). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kopetensi. Akademi.
Muhammad, M., Widyaningrum, H. K., Al Masjid, A., Komariah, K., & Sumarwati, S. (2021). Pelaksanaan Prosedur Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK Pekanbaru pada Masa Pandemi. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 109-120.
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97-102
Mustadi, D. A., S2, P., Dasar, P., & Uny, P. (2016). Analisis Kelayakan Bahasa dalam Buku Teks Tema 1 Kelas I Sekolah Dasar Kurikulum 2013 Arif Wiyat Purnanto 1) Prodi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Magelang; 2). Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 102–111.
nauli josip mario Sinambela, P. (2013). Kurikulum 2013 , Guru , Siswa , Afektif , Psikomotorik , Kognitif. E-Journal Universitas Negeri Medan, 6, 17–29.
Sugiyono. (2019). Statistika untuk Penelitian. CV Alfabeta.
TANIA, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.
Tarigan, H. B. (2009). Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Angkasa.
Wardani, O. P. (2018). Analisis Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Sma Bahasa Indonesia Ekspresi Diri Dan Akademik Kelas X Sma. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 5(2), 75. https://doi.org/10.30659/j.v5i2.2352