Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih

Penulis

  • Annisa Mahrani Universitas Islam Riau
  • Alber Alber Universitas Islam Riau

Kata Kunci:

Ability to write, news text

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena atau observasi awal yang diperoleh bahwasanya sebagian siswa belum paham dalam menulis teks berita, sehingga siswa mengalami kendala menulis unsur-unsur 5W+1H dan pola penyajian berita dan dibuktikan dengan melakukan penelitian. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023? (2) Bagaimanakah kemampuan menulis teks berita berdasarkan pola penyajian berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan data mengenai menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih. (2) Untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasikan data mengenai menulis teks berita berdasarkan pola penyajian berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang diperlukan yaitu teknik observasi dan teknik tes. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah (1) Memeriksa dan meneliti secara cermat hasil lembar jawaban siswa. (2) Hasil dari jawaban siswa akan dinilai berdasarkan rubrik penilaian yang telah ada. (3) Menentukan nilai akhir siswa dengan menggunakan pedoman penilaian menurut Nurgiyantoro (2010:437). (4) Nilai tersebut kemudian disusun untuk menentukan nilai rata-rata kemampuan siswa dengan rumus yang dikemukakan oleh Sudijono (2015:80). (5) Untuk mengklasifikasikan hasil rata-rata kemampuan siswa menulis teks berita dengan pedoman penilaian. Berdasarkan analisis data yang dilakukan kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks berita berdasarkan unsur-unsur berita adalah 81,6 (berkriteria baik). Kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023 dalam menulis teks berita berdasarkan pola penyajian berita 67,68 (berkriteria cukup). Hipotesis yang menyatakan kemampuan menulis unsur-unsur berita 5W+1H siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023 berkriteria baik dengan rentang nilai 60 sampai 78 ditolak karena nilai rata-rata yang didapatkan setelah melakukan penelitian adalah 81,6 berkriteria baik. Hipotesis yang menyatakan kemampuan menulis pola penyajian berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Putih Tahun Ajaran 2022/2023 berkategori cukup dengan rentang nilai 60 sampai 78 diterima karena nilai rata-rata yang didapatkan setelah melakukan penelitian adalah 67,68 berkriteria cukup.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul, C. (2010). Bahasa Jurnalistik. PT Rineka Cipta.

Andani, S.T., & Dewi Anggraini. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP. Pustaka: Jurnal Bahasa Dan Pendidikan, 3(2), 48–58.

Dalman. (2011). Keterampilan Menulis. PT Rajagrafindo Persada.

Darmawan, B. (2019). Kemampuan Menulis Teks Berita Kriminal Siswa Kelas VIII SMPN Satu Atap Sungai Rukam Kab. Indragiri Hilir Tahun Ajaran 2018/2019.

Elvia, A. F., Didi Yulistio., & Agus Joko Purwadi. (2022). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 06 Kota Bengkulu. 6(2).

Kosasih, E. (2017). Buku Siswa Bahasa Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kopetensi. BPFE.

Panggabean, Wahyudi El. (2013). Wartawan Berani Beretika. Forum Kerakyatan.

Pratiwi, N. W. E. S. (2018). Kemampuan Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Torue dalam Menulis Teks Berita. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3(4), 10.

Romli, Asep Syamsul M. (2014). Jurnalistik Praktis Untuk Pemula. PT Remaja Rosdakarya.

Sudijono. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatid, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta City.

Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Suhartati, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Melalui Teknik Rangsang Gambar Siswa Kelas VIII A Smp Negeri 19 Mataram. Pensa : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 362–374. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Wahono. (2022). Mahir Berbahasa Indonesia. Erlangga.

Diterbitkan

2023-10-28

Terbitan

Bagian

Articles