Pengaruh Penggunaan E-commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Penelitian di Kota Palembang)

Pengaruh Penggunaan E-commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (Penelitian di Kota Palembang)

Authors

  • Silvy Ambarwati Uin Raden Fatah Palembang
  • Shabrida Putri Achira
  • Peny Cahyaazwari

Keywords:

E-Commerce, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tingkat Pendapatan

Abstract

The purpose of this research is determine the influence of E-commerce on MSME income in Palembang. The research method applied in this research is quantitative methods, using primary data which was obtained through distributing questionnaires using google form to MSME in Palembang.This research uses PLS analysis with the help of SmartPLS 3.0 software. The results of this research indicate that the E-commerce have a positive and significant effect on MSME income in Palembang. This is proven by the coefficient of determination in the sufficient category with an R2 value of 0,600 or 60%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adam luthfi kusumatrisna dkk. (2021). In B. p. statistik, Statistic e-commerce 2021 (p. 1). Jakarta: Badan pusat statistik .

Adam luthfi kusumatrisna dkk, bps . (2020). In B. p. statistik, Statistik E-Commerce 2020 (p. 1). Jakarta: Badan pusat statistik.

Anggia Ramadhan, Radiyan Rahim, Nurul Nabilah Utami. (2023). TEORI PENDAPATAN (Studi Kasus Pendapatan Petani Desa Medan Krio). Medan: Tahta Media Group.

Ayunda Firdaus, Chusnul Habibah, Ferry Prasetya. (2022). ANALISIS PENGARUH PENERAPAN E-COMMERCE TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI MASA PANDEMI. JOURNAL OF DEVELOPMENT ECONOMIC AND SOCIAL STUDIES, 410.

Bhatti, Anam, Akram, H., Basit, H.M., Khan, A.U., Naqvi, S.M.R., Bilal, M. (2020). Ecommerce trends during COVID-19 Pandemic. International Journal of Future Generation Communication and Networking, 13( 2), 1449–1452. (PDF) E-commerce trends during COVID-19 Pandemic (researchgate.net)

Denny Firmansyah, R. H. (2021). Pengaruh E-Commerce terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Studi Kasus Usaha Keripik di Kabupaten Bireuen). Variasi : Majalah Ilmiah Universitas Almuslim, 135-141.

Disa, S. (2011). E-Commerce sebagai solusi Pemasaran Bagi usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jurnal Teknologi dan Informasi, 1(2).

Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ham, F.C., Karamoy, H., dan Alexander, S. (2018). ANALISIS PENGAKUAN PENDAPATAN DAN BEBAN PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT PRISMA DANA MANADO. Jurnal Riset Akutansi.

Hanny, R., Syah, A., & Novita, D. (2020). Analisis Penggunaan E-Commerce terhadap peningkatan Pendapatan Umkm Kuliner Kecamatan Sawangan-Depok Excellent 7 (1). Jurnal Manajemen Bisnis dan Pendidikan.

Ika puspita karyati. (2019). E-commerce untuk Umkm dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. E- commerce untuk Umkm dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Ja karta: Penerbit Prenhalindo.

Nurlinda, & Fathimah, V. (2019). Determinan Adopsi E-Commercedan Dampaknya Pada Kinerja Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). JURNAL RISET AKUNTANSI DAN KEUANGAN, Vol.7 | No.

Muhson, A. (2022). Analisis Statistik dengan SmartPLS. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Putong, I. (2015). Ekonomi Makro: Pengantar Ilmu Ekonomi Makro. Bandung: Ghalia Indonesia.

Rahmana. (2019). Peranan Teknologi Informasi dalam peningkatan daya saing usaha kecil dan menegah. In seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Siagan,A.O., & Prasetyo, T. F. (2020). Strategi Pengembangan Kompetensi Usaha kecil Menegah di Kabupaten Jombang. Jurnal Akrab Juara.

Simmons, G., Armstrong, G. A., dan Durkin, M. G. (2008). A Conceptualization of the Determinants of Small Business Website Adoption: Setting the Research Agenda. International Small Business , 351-389.

Sudaryono, Rahwanto, E., & Komala, R. (2020). E-commerce dorong perekonomian Indonesia selama pandemi covid 19 sebagai entrepreneur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan, 2(3), 200-213.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen . Bandung: ALFABETA CV. ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-pilar-penting-dalam-perekonomian-indonesia

djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data-publikasi/artikel/3134-kontribusi-umkm- dalam-perekonomian-indonesia.html

diskopukm.palembang.go.id/berita/ddd

Downloads

Published

2023-12-31

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)