Perbandingan Analisis Prediksi Kebangkrutan Model Springate’s, Fulmer, Foster dan Altman Z-Score (Studi pada Perusahaan Sektor Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Sudarman Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Yulia Efni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia
  • Enni Savitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2020.vol31(1).2705

Keywords:

Kebangkrutan, Model Springate's, Model Fulmer, Model Foster, Model Altman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara tingkat kebangkrutan Springate's Model, Fulmer Model, Foster Model, dan Altman Model, serta langkah-langkah model mana yang paling akurat dalam memprediksi kebangkrutan di perusahaan sektor non keuangan. Variabel penelitian terdiri dari rasio keuangan yang terkandung dalam model prediksi kebangkrutan yang terkandung dalam Springate's Model, Fulmer Model, Foster Model, dan Altman Model. Populasi penelitian adalah semua perusahaan sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejumlah 546 perusahaan yang tersebar di 8 sektor. Perusahaan yang akan diperiksa terdiri dari 18 perusahaan. Menggunakan pengumpulan data sekunder. Penggunaan data dalam laporan keuangan periode 2013-2017. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah uji Kruskal Wallis menggunakan SPSS 18. Hasil uji Kruskal Wallis, menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prediksi kebangkrutan berdasarkan Springate's Model, Fulmer Model, Foster Model, dan Altman Model. Selain itu, untuk tingkat akurasi tertinggi adalah model Fulmer.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar Sanusi., 2011. Metodologi Penelitian Bisnis, Salemba Empat Jakarta.
Desilya Vita Puspita. 2016. Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman dan Foster pada Perusahaan Agribisnis di Bursa Efek Indonesia. EJurnal Agribisnis dan Agrowisata ISSN: 2301-6523 Vol.5, No. 1, Januari 2016.
Dimas Priambodo. (2017). Analisis Perbandingan Model Altman, Springate, Grover, Dan Zmijewski Dalam Memprediksi Financial Distress (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2015). Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta.
Evi Wardhani., Analisis Tingkat Kebangkrutan Model Altman dan Foster pada Perusahaan Textile dan Garment Go Public di Bursa Efek Jakarta, 2007, Skripsi, Universitas Negeri Semarang.
Hanafi, Mamduh M. 2014. Manajemen Keuangan. Cetakan ke-7. Yogyakarta : BPFE.
Karina, Sevira Dita. 2014. Prediksi Kebangkrutan pada Perusahaan Media yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Laporan Akhir. Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.
Kordestani, Gholamreza, Vahid Biglari and Mehrdad Bakhtiari.2011. Ability of Combinations of Cash Flow Components to Predict Financial Distress. Verslas: teorija ir praktika, 2011, 12(3): 277-285.
Lily Syafitri, dan Trisnadi Wijaya., 2014. Analisis Komparatif dalam Memprediksi Kebangkrutan Pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. http://eprints.mdp.ac.id/1392/1/Jurnal.pdf
Nurul Fadillah. (2017). Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Pulp & Kertas Di Bursa Efek Indonesia (Suatu Perbandingan Antar Beberapa Model). Skripsi Universitas Hasanuddin Makassar.
Sena Sabrina. (2018). Analisis Perbandingan Tingkat Akurasi Model Prediksi Financial Distress (Studi Kasus Pada Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2012-2016). Skripsi Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.
Sheilly Olivia Marcelinda, dkk., 2014, Analisis Akurasi Prediksi Kebangkrutan Model Altman Z-Score pada Perusahaan Manfaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia, e-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 2014, Volume 1 (1) : 1-3.
Suad Husnan., 2013, Manajemen Keuangan, Teori dan Pembahasan (Keputusan Jangka Pendek) Buku 2, BPFE Yogyakarta, Yogyakarta.
Sugiyono., 2011, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Toto Prihadi., 2013, Analisis Laporan Keuangan: Teori dan Aplikasi, PPM Manajemen, Jakarta.
Watri. (2016). Perbandingan analisis prediksi kebangkrutan model Altman, Foster dan Tafler (pada perusahaan manufaktur tercatat di bursa efek indonesia periode2009-2014). Tesis Universitas Riau: Riau.

Downloads

Published

2020-11-06

Issue

Section

Articles