MANAJEMEN INVENTARISASI SARANA PENDIDIKAN DI SMA PGRI PEKANBARU

Authors

  • Aulia Ramadona Al-Azhar Pekanbaru

Keywords:

Sarana, manajemen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen inventarisasi sarana Pendidikan di SMA PGRI Pekanbaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil observasi lapangan, wawancara dan sebagainya. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah urusan sarana, kepala laboratorium, dan siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan sarana dilakukan dengan menganalisis dan menyeleksi kebutuhan apa saja yang sesuai dengan kurikulum; (2) Pengadaan sarana dimulai dari rancangan anggaran yang disetujui dengan oleh dinas berdasarkan sumber dana yang ada. Proposal pengadaan diajukan ke dinas Pendidikan dan dinas-dinas lain yang terkait serta alumni sekolah; (3) Pengawasan sarana Pendidikan diharapkan dapat dilakukan pantauan kepala sekolah, guru terhadap siswa-siswinya. Sebaiknya sarana yang digunakan tersebut sudah sesuai dengan kebutuhannya; (4) Penyimpanan atau Inventarisasi sarana Pendidikan sekolah melakukan penyimpanan dan pemeliharaan Secara berkala bukan Secara terus menerus atau setiap hari, sarana Pendidikan yang mengalami kerusakan dilakukan rehab atau perbaikan; (5) Penghapusan serta penataan sarana Pendidikan hampir tidak pernah dilakukan karena prosedur yang rumit dan ketersediaan dana terbatas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amirin, M. Tatang at al. (2010). Manajemen Pendidikan: Yogyakarta. UNY Pres

Ary H. Gunawan.(1996). Administrasi Sekolah (Administrasi Pendidikan Makro). Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi & M. Arifin. 2012 Manajemen Sarana dan Prasarana sekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media

Creswell, J. W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, strategi, dan Implementasi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002), h. 49-50

Peraturan Pemerintah melalui PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 1 ayat (8).

Undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 BAB XII Pasal 45. “Standar Sarana dan Prasarana”.

Sasongko, RN dan Sahono, B. 2016. Desain Inovasi Manajemen Sekolah. Jakarta: Shany Publisher.

Downloads

Published

2024-06-28

Issue

Section

Articles