Pengaruh Stuktur Modal Terhadap Harga Saham Perusahaan Sektor Konsumer di Bursa Efek Indonesia Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi

Authors

  • Muhammad Fahrozi Prodi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Indonesia
  • Mulyani Rodi Muin Prodi Manajemen, STIE Persada Bunda, Pekanbaru, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2020.vol31(1).2767

Keywords:

Struktur Modal, harga Saham, Profitabilitas

Abstract

 

Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor konsumer di Bursa Efek Indonesia dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap harga saham perusahaan tersebut dengan profitabilitas sebagai moderasi. Analisis data penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS). PLS adalah model persamaan Structural Equation Modeling (SEM) yang berbasis komponen atau varian. Dalam PLS path modeling terdapat dua model yaitu ouler model dan inner model, dimana kedua kriteria ini digunakan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian diperoleh bahwa bahwa variabel struktur modal perusahaan yaitu Debt to Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham perusahaan. Sedangkan variabel profitabilitas yaitu Return on Equity (ROE) sebagai moderasi juga tidak memperkuat pengaruh struktur modal terhadap harga saham perusahaan-perusahaan sektor konsumer di bursa efek indonesia. Bagi para investor yang ingin berinvestasi pada perusahaan-perusahaan konsumer di Bursa Efek Indonesia agar tidak terlalu melihat aspek struktur modal ketika menilai  harga saham dari perusahaan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astakoni, I. M. P., Wardita, I. W., & Nursiani, N. P. (2019). Efek Moderasi Kebijakan Dividen pada Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. WACANA EKONOMI (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi), 18(2), 134-145.
Fahmi, Irham. 2013. Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta
Ghozali, I., 2011. Analisis multivariat dengan program SPSS Edisi ke-3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hidayat, Taufik. 2010. Buku Pintar Investasi.Jakarta : Media Karta.
Husnan, S., 2011. Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPP-AMP YKPN.
Ircham, M., dkk. 2014. Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1).
Iskandar. 2016. Pengaruh Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi Pada Consumer Goods Industry di Indonesia. Conference on Management and Behavioral Studies
Lumowa, David. 2015. Analisa Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Perusahaan LQ45 Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Accountability Vol. 4 No.2
Martalena, dan Malinda. 2011. Pengantar Pasar Modal. Edisi Pertama. Yogyakarta : Andi.
Mulyadi,dkk. 2014. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Pt Telekomunikasi Indonesia Tbk. JPAK : Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Vol 2, No 2.
Nisak, Ngizzah Khalwiyatun dan Anindya Ardiansari. 2016. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal dan Harga Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam LQ45 Periode Tahun 2011-2013. Management Analysis Journal 5 (2)
Pratiwi, Monica Weni. 2019. Analisis Pengaruh Stuktur Modal Terhadap Harga Saham Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI) Vol. 2, No. 1.
Ridloah, S. 2010. Faktor Penentu Struktur Modal: Studi Empirik pada Perusahaan Multifinansial. Jurnal Dinamika Manajemen. 1 (2).
Sudana . 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Erlangga.
Sulia. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Perusahaan LQ45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil Volume 7, Nomor 02, Oktober 2017.
Wulandari,dkk. Dampak Moderasi Profitabilitas Terhadap Pengaruh Corporate Social Responsibility pada Nilai Perusahaan Manufaktur. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Downloads

Published

2020-11-22

Issue

Section

Articles