Analisa Brand Awareness dan Brand Association Pada Merek Minuman Haus!

Authors

  • Lady Diana Warpindyastuti Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yessica Mega Arita Universitas Bina Sarana Informatika
  • Helina Apriyani Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hardani Hardani Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(2).7786

Keywords:

Merek, Brand Awareness, Brand Association

Abstract

Perkembangan bisnis di bidang food and beverage saat ini sedang mendominasi. Sehingga persaingan dalam bisnis ini semakin ketat. Maka diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk dapat bersaing dalam bisnis ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode tingkatan kesadaran merek (brand awareness) dan uji Cohran utk mengetahui asosiasi-asosiasi yang berhubungan dengan merek minuman Haus!. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand awareness merek minuman Haus sangat tinggi dengan empat asosiasi-asosiasi yang membentuk merek minuman haus! ini.

Business developments in the food and beverage sector are currently dominating. So the competition in this business is getting tougher. So we need a good marketing strategy to be able to compete in this business. This research is a descriptive study with a quantitative approach using the brand awareness level method and the Cohran test to find out associations related to the Haus! drink brand. The results of this study indicate that the brand awareness of the drink brand haus! is very high with four associations that make up the drink brand Haus!.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A. (2017) Manajemen Ekuitas Merek : Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. (A. Ananda, Ed.). Jakarta: Penerbit Mitra Utama.

Arief, M., Suyadi, I. and Sunarti, S. (2017) ‘PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN KOMITMEN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (Survei pada Warga Kelurahan Penanggungan Konsumen Produk Aqua di Kota Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 44(1). Available at: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1739.

Arischa, S. and Zulkarnain (2019) ‘ANALISIS BEBAN KERJA BIDANG PENGELOLAAN SAMPAH DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN KEBERSIHAN KOTA PEKANBARU’, Jurnal Online Mahasiswa FISIP, 6(1), pp. 1–15. Available at: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/23021/22286.

Chandra, C. and Keni (2019) ‘PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION, PERCEIVED QUALITY, DAN BRAND LOYALTY TERHADAP CUSTOMER PURCHASE DECISION’, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(1), pp. 176–185. Available at: https://journal.untar.ac.id/index.php/jmieb/article/view/3506.

Durianto, D., Sugiarto and Sitinjak, T. (2017) Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Firmansyah, M. A. (2019) Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.

Jayusman, I. and Shavab, O. A. K. (2020) ‘STUDI DESKRIPTIF KUANTITATIF TENTANG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH’, Jurnal Artefak, 7(1), pp. 13–20. Available at: https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/artefak/article/view/3180/pdf.

Kurnia, M. R., Djumali, D. and Istiqomah, I. (2017) ‘PENGARUH MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PERALATAN OLAHRAGA TENIS MEJA OKE SPORT DI KECAMATAN WONOSARI’, Jurnal Bisnis dan Ekonomi, 24(1), pp. 33–42. Available at: https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fe3/article/view/5561.

Quantrianto, F. H. H., Hutomo, P. T. P. and Pujiarti, E. S. (2013) ‘PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND ASSOCIATION DAN PERCEIVED QUALITY TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN KECAP MANIS MEREK ABC (Studi Konsumen Swalayan ADA Siliwangi Semarang)’, JURNAL ILMIAH DINAMIKA EKONOMI DAN BISNIS, 1(1), pp. 89–101. Available at: http://jurnal.untagsmg.ac.id/index.php/jideb/article/view/256.

Ramadayanti, F. (2019) ‘Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk’, Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), pp. 78–83. Available at: https://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/6690/4209.

Sugiyono (2012) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tinambunan, E. C., Syahra, A. F. and Hasibuan, N. (2020) ‘Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Milenial Terhadap Boba vsKopi di Kota Medan’, Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), pp. 80–86. Available at: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jbe/article/view/191/136.

Zainurossalamia, S. (2020) MANAJEMEN PEMASARAN Teori dan Strategi (Hamdan (ed.)). Nusa Tenggara Barat.

Downloads

Published

2021-12-04