Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Akademik Melalui Komitmen pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Riau
DOI:
https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(2).5164Keywords:
Komitmen, Komunikasi, Lingkungan Sosial, Prestasi AkademikAbstract
Penelitian ini dilakukan di pascasarjana magister manajemen universitas riau pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh komunikasi, dan lingkungan sosial terhadap prestasi akademik melalui komitmen. Populasi penelitian ini sebanyak 248 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 155 mahasiswa sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan path analysis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen mahasiswa, lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen mahasiswa kemudian komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik, lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik kemudian komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik melalui komitmen mahasiswa dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik melalui komitmen mahasiswa.
Downloads
References
Enjang, AS. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.
Hawadi, R.A (2002) identifikasi keberbakatan intelektual melalui metode Non-Tes dengan pendekatan konsep Keberbakatan Renzulli. Jakarta. Grasindo
Purwanto. M. Ngalin (2006) psikologi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Renzulli, J. S. (2002)THE Tree-ring conception of giftedness: A. Development model for promotingcreative productivity. In R.J. Sternberg & J. Davidson (Eds) conceptions of giftedness (2nd ed. Pp 217-245). Boston, MA: Cambridge University Press
Sudarmanto, 2009. Kinerja dan pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Supratiknya. 2003. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta:
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.