Pengaruh Komunikasi dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Akademik Melalui Komitmen pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Riau

Authors

  • Tri Rahayu Universitas Riau
  • Jumiati Sasmita Universitas Riau
  • Raden Lestari Garnasih Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/kiat.2019.vol30(2).5164

Keywords:

Komitmen, Komunikasi, Lingkungan Sosial, Prestasi Akademik

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pascasarjana magister manajemen universitas riau pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh yang ditimbulkan oleh komunikasi, dan lingkungan sosial terhadap prestasi akademik melalui komitmen. Populasi penelitian ini sebanyak 248 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yang menghasilkan sebanyak 155 mahasiswa sebagai sampel penelitian.  Teknik analisis data penelitian ini dilakukan dengan path analysis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal ber-pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen mahasiswa, lingkungan sosial berpengaruh  positif dan signifikan terhadap komitmen mahasiswa kemudian komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap  prestasi akademik, lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik kemudian komunikasi interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik melalui komitmen mahasiswa dan lingkungan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik melalui komitmen mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewantara (2010). Membangun Kepribadian dan Watak Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Enjang, AS. 2009. Komunikasi Konseling. Bandung: Nuansa.
Hawadi, R.A (2002) identifikasi keberbakatan intelektual melalui metode Non-Tes dengan pendekatan konsep Keberbakatan Renzulli. Jakarta. Grasindo
Purwanto. M. Ngalin (2006) psikologi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Renzulli, J. S. (2002)THE Tree-ring conception of giftedness: A. Development model for promotingcreative productivity. In R.J. Sternberg & J. Davidson (Eds) conceptions of giftedness (2nd ed. Pp 217-245). Boston, MA: Cambridge University Press
Sudarmanto, 2009. Kinerja dan pengembangan Kompetensi SDM. Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Supratiknya. 2003. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta:
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa.Jakarta:Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-06-24