Persepsi Mahasiswa terhadap Penggunaan Kahoot di Perguruan Tinggi untuk Konteks Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Asing

  • Arimuliani Ahmad Universitas Islam Riau
  • Johari Afrizal Universitas Islam Riau
  • Nadia Wulandari Universitas Islam Riau
Keywords: Students’ perception, Kahoot, EFL context

Abstract

Kemajuan teknologi telah memberikan dampak yang sangat penting bagi dunia pendidikan, khususnya dalam konteks English Foreign Language (EFL). Kahoot! merupakan salah satu inovasi yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam sesi pembelajaran sebagai media dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pemanfaatannya. Penelitian ini dilakukan dengan penelitian kualitatif karena untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap Kahoot! pemakaian. Partisipan dari penelitian ini adalah 38 mahasiswa semester VI Pendidikan Bahasa Inggris di salah satu Perguruan Tinggi Vokasi di Riau. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 10 siswa memiliki persepsi positif dalam Perceived Usefulness, 9 siswa memiliki persepsi positif dalam Perceived Ease of Use, 11 siswa memiliki persepsi positif dalam Sikap terhadap Using, 13 siswa memiliki persepsi positif dalam Behavioral Intention to Use, dan 3 siswa memiliki persepsi positif dalam Actual System Use. Penelitian ini membuktikan bahwa persepsi siswa terhadap Kahoot! positif dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal, J., Ahmad, A., & Safitri, A. (2020). J-SHMIC : Journal of English for Academic. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 7(1), 66–76. https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic/article/view/3905

Ahmad, A. (2018). Developing Barcorious Application as Teaching Media for English Young Students: Focus on Implication. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 5(2), 1–14. https://doi.org/10.25299/jshmic.2018.vol5(2).1631

Ahmad, A. (2019). ICoSEEH 2019. Suistanable Development in Developing Country for Facing Industrial Revolution 4.0, 233–237. https://proceeding.uir.ac.id/conference/panel/file/1967.pdf#page=248

Al-Naibi, I. h., Al-Jabri, M., and Al-Kalbani, I. (2018). Promoting students’ paragraph writing using edmodo: An action research. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1):130–143.

Bawa, P. (2019). Using Kahoot to Inspire. Journal of Educational Technology Systems, 47(3), 373–390. https://doi.org/10.1177/0047239518804173

Charlina, and Septyanti, Elvrin. (2019). Pemanfaatan media Kahoot sebagai motivasi belajar mengikuti kuis wacana Bahasa Indonesia. Geram (Gerakan Aktif Menulis), 7(2): 78-82.

Dianati, S., Nguyen, M., Dao, P., Iwashita, N., & Vasquez, C. (2020). Student perceptions of technological tools for flipped instruction: The case of padlet, Kahoot! and cirrus. Journal of University Teaching and Learning Practice, 17(5), 1–16.

Etfita, F. (2019). Students’ Perspective on the Use of Edmodo as an Assessment Tool Fauzul. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 6(1), 18–25. https://journal.uir.ac.id/index.php/jshmic/article/view/2516

Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning, 2000, http://www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf

Kleinsmith, C. L. (2017). The effects of using padlet on the academic performance and engagement of students in a fifth grade basic skills mathematics classroom. ProQuest Dissertations and Theses, 67. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/1900171622?accountid=15272

Venkatesh,V., et.al. 2002. User acceptance enablers in individual decision making about technology: toward an integrated model. Decision Sciences (33) 297-316.

Wu, H. (2015). The effects of Blog-Supported collaborative writing on writing performance, writing anxiety and perceptions of EFL college students in Taiwan. (Unpublished PhD thesis, The University of South Florida, USA).

Published
2021-06-27
Abstract viewed = 62 times
PDF (DOWNLOAD) downloaded = 38 times