KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPA (Studi Kasus di SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar Tahun Ajaran 2017/2018)
Indonesia
Keywords:
Kompetensi pedagogik, Guru IPAAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 yang dimiliki guru IPA di SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif dimana peneliti berupaya mengupas data penelitian melalui sumber data primer berupa transkip hasil observasi, dilengkapi pula dengan sumber data sekunder berupa data dokumentasi dan hasil wawancara terstruktur dengan guru IPA di SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar. Sampel yang digunakan sebanyak 2 orang guru IPA. Selanjutnya data analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kompetensi pedagogik guru IPA di SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar sudah kompeten. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik yang dimiliki guru IPA di SMP Negeri 1 XIII Koto Kampar sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007, namun perlu ada beberapa perbaikan atau peningkatan seperti pada indikator memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran (0%), memfasilitasi pengembangan potensial peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki (50%), serta menyelenggarakan penilaian evaluasi proses dan hasil belajar (41,5%), termasuk dalam kategori tidak kompeten.
Downloads
References
Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran. Mengembangkan Stantar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Musfah, J. 2012. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.
Mulyasa, E. 2015. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Jakarta: Remaja Kencana. Mulyasa. 2013. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muhibbinsyah. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendakatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.