Cara Belajar Biologi Kelas XI IPA (Studi Kasus di SMAN 1 Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Tahun Ajaran 2019/2020)

Authors

  • Titik Afriani Universitas Islam Riau
  • Sepita Ferazona Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2021.14404

Keywords:

cara belajar, biologi, siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Cara Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMAN 1 Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Insturmen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar wawancara sebagai data utama, lembar observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Sampel yang digunakan sebanyak 5 orang siswa, yang mana siswa pertama merupakan siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan yang sedang,  siswa yang kedua siswa yang memiliki kemmapuan kecerdasan yang tinggi, siswa yang ke tiga siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan yang rendah, sedangkan siswa yang keempat siswa yang memiliki kemampuan kecerdasan yang tinggi, dan siswa yang kelima siswa yang memiliki kecerdasan yang sedang. Selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil rekapitulasi seluruh indikator cara belajar kelas XI IPA didapatkan hasil 60% termasuk kedalam kategori kompeten. Hasil penelitin menunjukkan bahwa perlu ada beberapa peningkatan cara belajar siswa, seperti motivasi atau perhatian dari orang tua dan guru, terutama meningkatkan konsetrasi siswa dalam belajar dirumah maupun disekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, A. 2016. Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Pada Materi Jamur dengan Pola Pemberdayaan Berpikir melalui Pertanyaan (Studi Kasus di Kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2013/2014). Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro. Vol 7 No 1. Hal. 78-79.

Aziati, N. 2018. Kompetensi Pedagogik Guru IPA (Studi Kasus di SMP Negeri 17 Pekanbaru Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Armayana, M. H. 2013. Hubungan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bandar Sei Kijang. Skripsi Tidak Diterbitkan. Pekanbaru: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau.

Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Rajawali Pers: Jakarta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan pembelajaran. Alfabeta: Bandung.

Bire, A.L., Geradus, U., Bire, J. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pascasarjana Universitas Nusa Cendana. Hal. 168-174.

Dimyani & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.

Djamarah, S.B., dan Zain, A. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Fakhruddin, U. A., 2011. Menjadi Guru Favorit. DIVA Press: Jogjakarta.

Febriani, P. S., Sarino, A. 2017. Dampak Cara Belajar dan Fasilitas Belajar dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menenngah Kejuruan. Jurnal Manajerial. Vol. 2 No. 2 Hal. 163-172.

Fitria. 2019. Kompetensi Pedagogik Guru Biologi (Studi Kasus di SMAN 1 Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Hasbullah. 2015. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Hamalik, O. 2014. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Janawi. 2013. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Kunandar. 2011. Guru Profesional. Rajawali Pers: Jakarta.

Mustafa, Z.EQ. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Muliani, F. 2020. Pembangan Media Pembelajaran berupa Buku Komik pada Materi Sejarah di Sekolah Dasar (Studi Kasus : SD Negeri 148 Pekanbaru). Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. Vol 1 No 1. Hal. 50.

Murfi, A. 2016. Analisis Gaya Belajar Siswa Berpretasi Studi Komparasi Siswa Berprestasi SMAN 1 dengan MAN 1 Yogyakarta Kelas XI. Jurnal Pendidikan Madrasah. Vol 1 No 2. Hal. 306-307.

Mulyasa. 2015. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Moleong, L. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Moleong, L. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Nova, A.E.S 2018. Pengaruh Cara Belajar Siswa terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas 5 di SDN Srondol Wetan 05 Semarang. Jurnal Pesona Dasar. Vol 6 No 1. Hal. 33.

Nu’man, A.Z. 2014. Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Jurnal Duta.com. Vol 7 No 1.

Riduwan. 2016. Dasar-dasar Statistika. Alfabeta: Bandung.

Riduwan. 2012. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Muda. Alfabeta: Bandung.

Rohmawati, E.D., & Sukanti. 2012. Pengaruh Cara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol 10 No 2. Hal. 153-171.

Sartika, D. R., 2019. Cara Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Siak Hulu Kabupaten Kampar Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi. FKIP UIR Pekanbaru.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta.

Sardiman. 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers: Jakarta.

Sudjana dan Ibrahim. 2014. Penenlitian dan penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algensindo: Bandung.

Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kebijakan. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta: Bandung.

Sudijono. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Rajawali Pers: Jakarta.

Sudjana, N. 2016. Penilaian hasil Pembelajaran Mengajar. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Supardi. 2013. Sekolah Efektif. Rajawali Pers: Jakarta.

Ulansari, S.T. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Pelajaran Biologi (Studi Kasus di SMP IT Syahruddiniyah Kampar Kiri Hilir Tahun Ajaran 2015/2016).Skripsi. FKIP UIR. Pekanbaru.

Yonitasari, D dan Setiyani, R. 2014. Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. Vol. 3 No. 2. Hal. 241-248. Diambil di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj (Diakses pada 21 Oktober 2019).

Yusmiati, 2016. Studi Kasus Kesulitan Belajar Siswa yang Tinggal Kelas. Skripsi. FKIP Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Published

2021-10-12

How to Cite

Afriani, T., & Ferazona, S. (2021). Cara Belajar Biologi Kelas XI IPA (Studi Kasus di SMAN 1 Pendalian IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Tahun Ajaran 2019/2020). Biology and Education Journal, 38–45. https://doi.org/10.25299/baej.2021.14404

Issue

Section

Articles