(PjBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017

Indonesia

  • Suryanti Suryanti Universitas Islam Riau
  • Prima wahyu TItisari
  • Vina Yupira
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, dan Kemampuan Psikomotorik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning (PjBL), pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 18 Pekanbaru, Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini dimulai dari bulan Oktober sampai dengan November 2016 di kelas VIIIA SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 18 Pekanbaru yang berjumlah 41 orang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dianalisis secara deskriptif melalui daya serap, ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai psikomotorik daya serap siswa mengalami peningkatan (3,4%) dari sebelum PTK yaitu (75,9%) menjadi (79,3%) pada Siklus I, dan mengalami peningkatan kembali sebesar 6,5% menjadi 85,5% setelah siklus II. Ketuntasan klasikal siswa untuk nilai Psikomotorik mengalami peningkatan 19,5,% dari sebelum PTK yaitu 65,9% menjadi 85,4% pada Siklus I, dan mengalami peningkatan sebesar 9,7% menjadi 95,1% setelah siklus II. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan psikomotorik siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 18 Pekanbaru Tahun Ajaran 2016/2017.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Addha, Nurul. 2015. Penerapan Moddel Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Bangko Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. FKIP UR.Pekanbaru.

Andiin. 1. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Pokok Larutan Asam Dan Basa Di Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia. (Vol. 3 No 4 Tahun 2014) Hlm. 7-16. ISSN 2337-9995.

Arikunto. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara: Bandung.

Cahyo. A. N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gaya Media.

Elfis. 2010c. Teknik Analisis Data. Available at http://elfisuir/.blogspot.com/2010.01/teknik-analisis-data.html. Januari 2010 (Diakses 1 Agustus 2017).

Handayani & Dinda. P. 2014. Meningkatkan Sikap Ilmiah dengan Model project Based Learning di Kelas VIIIA SMP Negeri 8 Muaro Jambi. Jurnal Forum Penelitian. (Vol. 1 No 1 Tahun 2014) Hlm. 9-10
Published
2020-05-06
How to Cite
Suryanti, S., TItisari, P. wahyu, & Yupira, V. (2020). (PjBL) UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PSIKOMOTORIK SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI KELAS VIIIA SMP NEGERI 18 PEKANBARU TAHUN AJARAN 2016/2017 : Indonesia. Biology and Education Journal, 1(1), 9. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/baej/article/view/4970
Section
Articles
Abstract viewed = 139 times
PDF downloaded = 65 times