Identifikasi Pengaruh Sebaran Ruko Terhadap Sosial Ekonomi Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar

  • Deby Romansyah
  • Febby Asteriani Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Puji Astuti Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Rona Muliana Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
Keywords: Rumah Toko (Ruko), Sebaran, Sosial, Ekonomi

Abstract

Rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat hunian namun juga berfungsi sebagai aktivitas perdagangan. Pembangunan ruko yang semakin hari semakin meningkat sehingga timbul pertanyaan berdampakkah pembangunan ruko terhadap sosial ekonomi masyarakat. Konsep kombinasi antara fungsi komersial dengan fungsi residensial ini dikenal sebagai konsep rumah toko (ruko). Ruko adalah bangunan dua lantai dengan lantai dasar sebagai tempat usaha dan lantai atas sebagai tempat tinggal. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi persebaran ruko di Jalan  Pasir Putih Kecamatan Siak Hulu dan mengidentifikasi pengaruh pembangunan ruko terhadap sosial ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran, dengan menggunakan teknik observasi dan data sekunder  untuk menentukan persebaran ruko dan menyebar kuisioner kepada responden. Sampel dalam penelitian ini adalah pemilik ruko dan masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa ruko tersebar disepanjang jalan Pasir Putih dan mengalami peningkatan jumlah ruko setiap tahunnya, serta adanya pengaruh persebaran ruko terhadap sosial ekonomi masyarakat. Pengaruh ruko terhadap ekonomi yaitu menciptakan lapangan kerja dan meningkatnya pendapatan masyarakat, sedangkan dari segi sosial yaitu kenyamanan dan kemudahan dalam membeli ruko.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asteriani, Febby (2010). Analisis Faktor-Faktor Pemilihan Lokasi Ruko Dari Sudut Pandang Pengguna Dan Pengembang Ruko Di Kota Pekanbaru. Tesis S-2 MPKD, UGM, Yogyakarta.

Harisdani, Defin dan Lubis, dolok, 2004. Identitas Fungsi Ruko Pesewaan, Universitas Sumatra Utara, Medan.

Haikal Ali, 1996. “ Kajian Kebijaksanaan Pemerinttah Kota Administratif Klaten dalam Penentuan Lokasi Perumahan, Tesis MPKD UGM, Yogyakarta.

Luhst, K. M, 1997. “Real Estate Valuation”, Principles Aplication, USA.

Sugiyono “Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods)”2011.Penerbit ALFABETA Bandung.

Sari, Almaida. “Model Keterkaitan Dampak Kawasan Minapolitan Terhadap Aspek Sosial, Ekonomi dan Kelembagaan Pada Petani Ikan di Kecamatan XIII Koto Kampar, Propinsi Riau”. 2014. Tugas Akhir PWK UIR.Pekanbaru

UU no 1 Tahun 2011. Tentang Perumahan Dan Permukiman

Published
2022-02-28
How to Cite
Romansyah, D., Asteriani, F., Astuti, P., & Muliana, R. (2022). Identifikasi Pengaruh Sebaran Ruko Terhadap Sosial Ekonomi Di Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Journal of Urban Regional Planning and Sustainable Environment, 1(1). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/JURPS/article/view/9046
Abstract viewed = 24 times
PDF downloaded = 23 times