IDENTIFIKASI PERSEBARAN MINIMARKET DAN TOKO KELONTONG DI JL.HR SOEBRANTAS KOTA PEKANBARU

Authors

  • Indah Afrilda Dewi rogram Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Febby Asteriani Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Mira Hafizhah Tanjung Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Ade Wahyudi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau
  • Aldit Padram Zena Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik, Universitas Islam Riau

Keywords:

lokasiminimarkettokokelontong

Abstract

Pertumbuhan kegiatan perdagangan dan jasa di Kota Pekanbaru terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Lokasi keberadaan minimarket dan toko kelontong ycenderung berdekatan. Hal ini menimbulkan persaingan antar minimarket dan toko kelontong, yang dapat memepengaruhi keberlangsungan toko kelontong di Jl.HR.Soebrantas Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi persebaran lokasi minimarket dan toko kelontong di Jl.HR.Soebrantas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk menganalisis keberadaan minimarket dan toko kelontong, teknik analisis komparatif membandingkan data sekunder dengan hasil observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan minimarket di Jl.HR.Soebrantas ditandai dengan menjamurnya minimarket berjenis Indomaret dan Alfamart. Pertumbuhan yang terjadi mengakibatkan kesesuaian lokasi minimarket rendah karena berdekatan dengan perdagangan lain terutama toko kelontong disekitarnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pontoh, Nia K dan Kustiwan, Iwan. 2009. Pengantar Perencanaan Kota. Penerbit ITB Bandung.

Djunaedi, Achmad. 2012. Proses Perencanaan Wilayah dan Kota. Penerbit Gadjah Mada University Press.

Saskara, I Putu Bagus,dkk.2020. Pola Sebaran Lokasi Minimarket dan factor-faktor yang mempengaruhinya di Kota Denpasar. Jurnal Riset Planologi Vol.1 No.1

Utomo, Dimas Suryo dan Amin, Choirul. 2021. Pola Sebaran Mini Market dan Cakupan dalam Pemenuhan Kebutuhan Penduduk di Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi vol. 6 no.2 Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Ridzkyaditya, Bundi. 2018. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Toko Kelontong di Wilayah Kota Depok. Tugas Akhir Universitas Indonesia.

Anggraeni, Tyas, dkk. 2018. Analisa Lokasi dan Pola Persebaran Minimarket di Kota Depok. Tugas Akhir Universitas Indonesia.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi. Penerbit Alfabeta Bandung.

Downloads

Published

2023-12-22

How to Cite

Dewi, I. A., Asteriani, F., Tanjung, M. H., Wahyudi, A., & Zena, A. P. (2023). IDENTIFIKASI PERSEBARAN MINIMARKET DAN TOKO KELONTONG DI JL.HR SOEBRANTAS KOTA PEKANBARU. Journal of Urban Regional Planning and Sustainable Environment, 2(01). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/JURPS/article/view/15509

Most read articles by the same author(s)